Pendidikan & Kesehatan

Robot Wakili Mahasiswa Fakultas Teknik Unej dalam Yudisium

Jember (beritajatim.com) – Dua robot bersosok lelaki dan perempuan mewakili mahasiswa dalam yudisium Program Pascasarjana, Sarjana dan Diploma III Periode II Tahun akademik 2020/2021, Fakultas Teknik Universitas Jember, Kabupaten Jember, Kamis (18/2/2021).

Dekan Fakultas Teknik Triwahju Hardianto dalam sambutannya mengatakan, yudisium kali ini didukung oleh tim robotika Fakultas Teknik. Penggunaan robot mewakili mahasiswa untuk mencegah penularan Covid-19 antar peserta yudisium.

“Sebetulnya kami ada tiga robot yang dikembangkan. Salah satunya adalah robot untuk pengganti peserta Yudisium ini. Bisa jadi robot ini juga dipakai dalam prosesi wisuda di Universitas Jember,” kata Hardianto, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember, Jumat (19/2/2021).

Fakultas Teknik terus mengembangkan penelitian untuk menciptakan robot-robot yang dapat membantu pekerjaan di tengah pandemi ini. Bahkan jika pandemi berakhir, robot-robot tersebut akan terus dikembangkan untuk membantu proses pendidikan pada tingkat menengah ke bawah.

“Jadi bisa difungsikan sebagai asisten guru atau lainnya untuk kepentingan pendidikan,” kata Khairul Anam, pembina tim robotika Fakultas Teknik Universitas Jember. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar