Pendidikan & Kesehatan

Kompetisi Robotik se-Jatim

Robot Siswa Sidoarjo Ini Bisa Masukkan Bola ke Gawang

Suasana Kompetisi Robotik se-Jatim yang diikuti 20 tim

Sidoarjo (beritajatim.com) – Achmad Atfhan Ramadan dan Syahdan Himas serius mencoba mengendalikan robotnya agar bisa memasukkan bola ke gawang lawan.

Keduanya tersenyum gembira akhirnya bisa mengalahkan lawannya dengan skor telak 3-0 dalam Kompetisi Robotik se-Jatim yang diselenggarakan di SMP Alfalah Deltasari Sidoarjo.

Ditemui usai lomba, Syahdan mengatakan bahan untuk membuat robot diambilkan dari robot yang sudah tidak terpakai, dengan arahan dari Pembina kegiatan ekstrakurikuler.

Bagi keduanya, tantangan yang cukup besar adalah saat berupaya memasukkan bola ke gawang lawan.

“Sudah sering latihan, tapi tadi ya cukup sulit juga sampai keringetan. Optimistis bisa menang,” kata Syahdan, peserta asal SDIT Insan Kamil 2 Sidoarjo, Sabtu (15/10/2020).

Kompetisi ini diikuti oleh 20 tim robot SD se-Jawa Timur. Para peserta mengendalikan robot mereka menggunakan console maupun menggunakan telepon seluler.

Selain membuat robot, para peserta juga harus mampu memecahkan masalah ketika di areal lomba.

Kepala Sekolah SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo, Tutik Susilowati mengatakan kompetisi ini digelar untuk menyambut era Merdeka Belajar yang digagas Mendikbud Nadiem Makariem.

Selain itu, juga mempersiapkan siswa sedari dini agar memiliki keterampilan abad 21. “Kami juga ingin menggali potensi siswa dalam berpikir kritis, kreativitas, inovasi dan kolaborasi anak dalam kompetisi,” ujarnya.

Ada dua kategori yang dilombakan dalam kompetisi ini yaitu kategori sumo dan soccer. Satu tim terdiri dari dua siswa dan robot rancangan masing-masing sekolah.

“Adapun tim juri kami ambilkan dari Sekolah Robot Indonesia agar kompetisi lebih kredibel,” kata perempuan yang akrab disapa Ustadzah Usie.

Kompetisi Robotik se-Jatim ini disambut positif oleh Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Ec. Asrofi MM, MH. Dia mengharapkan seluruh sekolah di Sidoarjo, baik negeri maupun swasta mampu menciptakan sebuah terobosan yang bisa memacu kecerdasan anak-anaknya.

“Justru kompetisi semacam ini yang sangat kita harapkan. Saya juga berharap agar SMP Al Falah Deltasari mampu jadi pelopor agar inovasi dan kreativitas sekolahnya mampu mengkomodir bakat dan minat anak-anaknya tanpa meninggalkan akhlakul karimah,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, Drs. Ec. Asrofi MM, MH (batik biru) berdiskusi dengan peserta Kompetisi Robotik se-Jatim tingkat SD.

Dia juga mengimbau agar sekolah-sekolah nantinya tidak hanya mengedepankan kecerdasan secara akademik tapi juga mempertimbangkan bakat anak saat menerima siswa baru.

“Tentu dinas akan terus mendukung sekolah yang menggali potensi-potensi anak agar bisa berkembang secara maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pendidikan Al Falah Surabaya Darmanto, M.Pd menambahkan kompetisi ini diharapkan bisa memacu bakat minat yang dimiliki anak.

“Jadi kami mengajak semua pihak agar tidak fokus pada prestasi akademik saja. Tapi juga menggali minat bakat anak yang bisa dimunculkan di level nasional, bahkan di tingkat internasional,” ujarnya.

Selain kompetisi robotik se-Jatim, juga dilaksanakan kompetisi rancang bangun dan try out se-Surabaya dan Sidoarjo yang diikuti ratusan peserta. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar