Pendidikan & Kesehatan

Robot Ikut Layani Pasien Covid-19 di RSUA untuk Kurangi Risiko Tenaga Medis Tertular

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Airlangga (Unair) terus berkomitmen dalam penanganan, pencegahan dan inovasi terbaru untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Kali ini Unair sedang dalam tahap pengerjaan pembuatan Robot ProNakes.

Disampaikan langsung oleh Rektor Unair, Prof Muh Nasih, bahwa robot ini dipergunakan untuk menangani pasien dan beberapa pekerjaan tenaga kesehatan yang ada. Robot ini pun dikerjakan bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang rencananya akan digunakan di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA).

“Kami bekerja sama dengan ITS untuk membuat robot yang difungsikan agar meminimalisir kontak dengan pasien yang sedang diisolasi. Prosesnya pun sudah sangat baik, tinggal finalisasi,” ungkap Prof Nasih, Rabu (1/4/2020).

Dr Azhari Hidayat dr Sp BTKV selaku tim inovasi alat kesehatan Unair mengatakan bahwa Robot ProNakes ini bisa mengirimkan beberapa benda yang biasanya dikirim ke ruang isolasi, seperti makanan minuman, kitab atau buku bacaan dan sebagainya. Selain itu robot ini pun bisa mendeteksi temperatur.

“Dengan adanya robot ini diharapkan dapat mengurangi persinggungan tenaga medis dan penggunaan APD, sehingga meminimalisir risiko tenaga medis tertular,” terang dr Azhari.

Robot ini pun dikendalikan oleh petugas menggunakan control room dan tenaga back up. Ruangan isolasi dan control room pun akan dibuat sistem buka tutup otomatis. Robot ini pun akan digunakan di setiap lantai ruang isolasi yakni lantai 4,5,6,7 RSUA.

Selain membuat delivery robot, Unair dan ITS juga membuat robot yang juga bisa memberikan fitur disinfekstan. Unair pun mengembangkan disinfekstan yang aman dengan menggunakan sistem ozon. [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar