Pendidikan & Kesehatan

Riset untuk Rakyat Ala DRD Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Forum Riset Daerah (DRD) Pamekasan, sosialisasikan program ‘Riset untuk Rakyat’ bersama pimpinan perguruan tinggi se Pamekasan, yang dillakukan secara virtual melalui aplikasi daring alias online, Kamis (2/7/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di Auditorium Bappeda Pamekasan, Jl Jokotole, dilakukan sebagai upaya mengeksplorasi hasil penelitian para dosen, mahasiswa maupun para peneliti agar nantinya dapat menjadi acuan penting bagi para pemngku kebijakan, khususnya di lingkungan pemkab Pamekasan.

“Forum riset untuk rakyat ini merupakan upaya penting untuk menggalakkan kegiatan sekaligus pemanfaatan riset untuk rakyat, sehingga sangat perlu diberikan ruang kepada para peneliti untuk memberikan kontribusi dalam percepatan pembangunan di Pamekasan,” kata Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo.

Selain itu, pihaknya menyampaikan program tersebut juga dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan ide dan gagasan dari seluruh elemen perguruan tinggi di Pamekasan. Khususnya berkenaan dengan pengembangan dan percepatan pembangunan di Pamekasan.

Suasana ‘Forum Riset; Riset untuk Rakyat’ yang digelar DRD Pamekasan bersama pimpinan dan perwakilan Perguruan Tinggi di Auditorium Bappeda Pamekasan, Jl Jokotole, Kamis (2/7/2020).

“Kita harapkan kedepan forum ini menjadi forum tetap bagi pemkab Pamekasan, bersama para akademisi dan peneliti untuk berperan aktif dalam proses pembangunan dan pengembangan. Salah satunya melalui pemaparan hasil penelitian dari masing-masing perguruan tinggi di Pamekasan,” ungkapan.

Melalui forum riset tersebut, pihaknya juga berharap nantinya menjadi motivasi bagi seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk bersama memajukan Pamekasan, melalui bidang penelitian yang hasilnya dijadikan sebagai acuan oleh para stakeholders di Pamekasan.

“Furom riset ini merupakan hal pertama yang ingin kami capai, sebab selama ini perguruan tinggi cenderung diabaikan dalam pembangunan daerah. Apalagi kami meyakini jika Perguruan Tinggi itu memiliki tujuan yang sama (tridharma PT), sekalipun jalur dan medannya berbeda,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan jika forum saat ini merupakan upaya memaparkan topik riset yang digagas lembaga yang dipimpinnya. Sekaligus sebagai bentuk penjabaran dari RPJMD Pemrkasan. “Jadi yang disampaikan tadi (forum virtual) merupakan poin penting, detail ring kita menunggu ide, usul dan saran dari pihak perguruan tinggi,” jelasnya.

Dalam kegiatan berbasis daring tersebut, tampak hadir sejumlah anggota DRD Pamekasan. Termasuk sejumlah pimpinan ataupun perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di Pamekasan, Di antaranya dari AIFA Husada, AKN, IAI Al-Khairat, STIU Al-Mujtama’, STAIMU, STIEBA, STAIFA Kadur, STIBA DUBA, STIS Asy-Syalafiyah, UIM, UNIRA dan lainnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar