Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Rilis Terbaru QS WUR, Empat Bidang Ilmu UB Malang Naik Peringkat

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS., (Humas UB)

Malang(beritajatim.com) – Empat bidang ilmu yakni tiga bidang ilmu sepesifik ditambah satu bidang ilmu yang luas (Broad Subject) pada periode tahun ini naik peringkat. Hasil ini dikeluarkan oleh Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Rankings (WUR) yang merilis daftar perguruan tinggi paling unggul berdasarkan kelompok bidang ilmu atau By Subject 2022.

Tiga bidang ilmu spesifik tersebut adalah Agriculture dan Forestry peringkat 301-350, Business and Management Studies peringkat 451- 500, dan Law and Legal Studies peringkat 301-340. Sedangkan untuk bidang ilmu luas yaitu Social Sciences and Management berada pada peringkat 401-450.

Periode tahun ini oleh Universitas Brawijaya mengalami peningkatan capaian dibanding tahun 2021 yang hanya pada dua bidang ilmu spesifik (specific subject).

Sesuai rilis fact file yang dikeluarkan oleh QS, bidang-bidang lain juga memiliki skor yang cukup signifikan meskipun tidak masuk dalam daftar ranking. Capaian ini menunjukkan bagaimana UB dapat mempertahankan kualitas agar tetap dan terus sejajar dengan perguruan tinggi top di seluruh dunia.

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS., mengatakan pemeringkatan QS World University Ranking merupakan yang paling bergengsi di dunia karena menunjukkan kualitas dan reputasi perguruan tinggi.

“Allhamdulillah UB sudah mengawali peringkat QS by Subject sejak tahun 2020 pada bidang Agriculture dan Foresty. Di tahun 2021 bertambah subyek bussiness and management studies. Tahun ini ada Tiga bidang ilmu spesifik dan satu bidang ilmu luas yang peringkatnya naik pada versi QS Star,” kata Nuhfil, Sabtu, (9/4/2022).

Prof. Nuhfil menyebut, dengan naiknya peringkat ini, artinya empat subyek yang dimiliki UB menjadi yang terbaik dan telah diakui dunia. Dia berharap semoga ke depan akan terus bertambah subyek-subyek pada pemeringkatan QS WUR.

Sementara itu, Deputi Pemeringkatan di Lembaga Penjaminan Mutu, Adharul Mutaqin S.T., M.T., menjelaskan capaian ini menunjukkan bahwa Universitas Brawijaya terus mendapatkan rekognisi yang baik dalam jajaran perguruan tinggi tingkat internasional.

“Dengan rekognisi ini, harapannya adalah Universitas Brawijaya semakin dipercaya dalam melakukan kolaborasi dan kerjasama untuk mewujudkan visinya,” tandasnya. (luc/ted)

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar