Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ribuan Vaksin di Ponorogo Terancam Tidak Bisa Digunakan

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 7.700 dosis vaksin jenis AstraZeneca mendekati expired date atau tanggal kedaluwarsa. Untuk memaksimalkannya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo gencar melakukan percepatan vaksinasi. Entah itu vaksin dosis pertema, kedua maupun booster.

“Ada sekitar 7.700 dosis vaksin AstraZeneca yang mendekati ED nanti tanggal 24 Februari. Beberapa hari ini kita maksimalkan percepatan vaksinasi dengan vaksin tersebut,” kata Kabid Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Ponorogo, Heni Lastari, Kamis (23/2/2022).

Meskipun tinggal satu hari, namun vaksin AstraZeneca itu masih bisa digunakan pada tanggal 24 Februari sebelum pukul 24.00 WIB. Dia berharap, meski tidak habis semuanya, setidaknya dikembalikan ke Dinkes Jatim dengan jumlah sedikit.

“Ya targetnya bisa habis, kalaupun tidak ya bisa dikembalikan mungkin ratusan. Pas tanggal 24 itu masih boleh disuntikkan, asal sebelum pukul 24.00 WIB,” ungkapnya.

Heni menyebut meski mendekati tanggal kedaluwarsa, efektivitas vaksin AstraZeneca tetap sama. Yang terpenting tidak melewati tanggal yang sudah ditetapkan kedaluwarsanya. “Mendekati ED efektivitas vaksin tetap sama. Nantinya sisa vaksin akan dikembalikan ke Dinkes Jatim,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar