Pendidikan & Kesehatan

Ribuan Santri Asal Gresik Lakukan Rapid Test Sebelum Balik ke Ponpes

Seorang santri menjalani rapid test antigen di Puskesmas Manyar Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Ratusan santri asal Kabupaten Gresik, beramai-ramai melakukan rapid test antigen di sejumlah puskesmas sebelum balik ke pondok pesantren (Ponpes).

Salah satunya adalah di Puskesmas Manyar. Di tempat tersebut, sudah tiga hari para santri antre melakukan rapid tes antigen gratis. Selain di Puskesmas Manyar, rapid test juga dilakukan di beberapa puskesmas yanh tersebar di Kabupaten Gresik.

Menurut data Rabithoh Ma’had Islamiah (RMI) Kabupaten Gresik, tercatat ada 2 ribu santri yang sudah menjalani rapid test untuk persyaratan kembali ke ponpes masing-masing. Para santri di Gresik melakukan hal ini karena mereka mulai kembali ke ponpes yang tersebar di Jawa Timur. Rapid tersebut difasilitasi Pemkab Gresik.

Plt Kepala Puskesmas Manyar dr Ovaldo Kurniawan menuturkan, pihaknya jauh hari sudah menyiapkan rapid tes antigen terhadap para santri yang akan kembali ke ponpes. “Kami sudah menyiapkan tenaga kesehatan (Nakes) guna melayani para santri yang mau kembali ke ponpes sebagai persyaratan,” tuturnya, Sabtu (22/5/2021).

Sementara Ahmad Mudhlor salah satu santri asal Lirboyo Kediri mengatakan, rapid test gratis yang disediakan oleh Pemkab Gresik sangat membantu dan meringankan santri yang mau kembali ke ponpes.
“Kami mengapresiasi Pemkab Gresik yang telah memfasilitasi para santri apalagi tidak dipungut biaya,” pungkas Ahmad Mudhlor sambil tersenyum. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar