Pendidikan & Kesehatan

Ribuan Guru dan Kasek Serta Kades di Gresik Lakukan Senam Cuci Tangan

Gresik (beritajatim.com)– Ribuan guru, kepala sekolah (Kasek), serta kepala desa atau kades melakukan senam cuci tangan. Kegiatan massal tersebut, dilakukan untuk menekan merebaknya virus corona.

“Untuk mencegah virus corona hanya dengan perilaku hidup bersih, dan sehat. Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk melaksanakan hidup sehat dengan memakan makanan sehat bergizi, istirahat dan berolahraga yang cukup. Yang lebih penting selalu mencuci dengan sabun sesering mungkin pada setiap usai beraktivitas,” ujar Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto dihadapan peserta senam massal, Selasa (10/03/2020).

Senam massal cuci tangan tersebut, dihadiri 2.000 orang mulai dari Kasek TK, SD, SMP hingga SMA serta guru, dan ratusan kepala desa.

“Ini sosialisasi yang sangat paripurna, yang mewakili seluruh masyarakat Gresik. Saya berharap tidak hanya sampai pada yang hadir saja, tapi kepada seluruh masyarakat,” ujar Sambari.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, dr Herlin Ferliana dan Ketua Ikatan Dokter Paru Jawa Timur, dr Sudarsono Sp.P yang hadir di kegiatan tersebut menyatakan pencegahan virus corona ini hanya dengan melakukan pola hidup sehat.

“Tidak perlu panik berlebihan, yang penting selalu waspada. Bila Anda batuk dan bersin harus ditutup pakai tissue atau tangan. Lalu mencuci tangan dengan sabun. Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkap dr Sudarsono.

Terkait dengan pemantauan masyarakat dari luar negeri. Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik menyatakan bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan Kantor Kesehatan pelabuhan (KKP) Bandara Juanda Surabaya, dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Saat ini telah mendata sekitar 200 orang yang baru datang dari luar negeri.
Setelah dilakukan pemantauan selama 14 hari kepada 161 orang dirumah masing-masing, sudah aman. Tinggal 39 orang yang masih menunggu masa 14 hari kedepan,” tandas Kadinkes Gresik, dr Syaifuddin Ghozali. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar