Pendidikan & Kesehatan

Reza Rahadian Hadiri Kampanye English For Indonesia di Kampung Inggris Pare

Kediri (beritajatim.com) – Aktor Reza Rahadian mengunjungi Kampung Inggris di Pare,Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hari ini Senin (4/3/2019). Kehadirannya untuk menunjukkan dukungannya terhadap kampanye English For Indonesia.

Kehadiran Reza menginspirasi para pelajar muda di Kampung Inggris, bahwa dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, cita-cita apapun akan dapat diraih. Hadir pula dalam kegiatan ini, Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Reza Rahadian berpartisipasi dalam Mini-Talkshow untuk menjelaskan pengalamannya tentang bagaimana kefasihan berbahasa Inggris telah membuka banyak peluang dan membantunya memiliki karir yang sukses di industri kreatif.

British Council dan Kedutaan Besar Inggris menyiarkan talkshow ini secara langsung melalui Instagram. Kunjungan Reza bertepatan dengan program Training of Trainers (ToT) oleh British Council dan Kedutaan Besar Inggris Jakarta yang diikuti oleh guru bahasa Inggris di Kampung Inggris pada 4 – 5 Maret 2019.

Program ini adalah terobosan terbaru dari kampanye English For Indonesia. 100 guru dari 100 Pusat Pembelajaran Bahasa Inggris lokal berpartisipasi dalam sesi pelatihan. Reza Rahadian, Duta Besar Inggris Moazzam Malik dan Direktur British Council Paul Smith meluncurkan program ini di Kantor Kecamatan Pare bersama dengan perwakilan dari 165 Pusat Pembelajaran Bahasa Inggris di Kampung Inggris.

Bahasa Inggris adalah Bahasa Global – bahasa asing yang paling umum dan banyak digunakan. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa bisnis internasional, diplomasi, serta lembaga penelitian dan pendidikan kelas dunia.

Kampanye English For Indonesia telah menyediakan sumber belajar dan mengajar bahasa Inggris berkualitas yang gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia melalui radio, koran, internet dan direncanakan akan dapat diakses melalui televisi.

Empat situs web – LearnEnglish, LearnEnglishTeens, LearnEnglishKids, dan TeachingEnglish – telah menjadi sumber belajar untuk masyarakat Indonesia di semua tingkat kemampuan bahasa Inggris dan kelompok usia termasuk para guru. Satu tahun sebelum kampanye ini diluncurkan, 1,2 juta masyarakat Indonesia telah menjadi pengunjung situs belajar ini (April 2017 – Maret 2018).

Angka pengunjung empat situs web ini diprediksi akan melebihi 2 juta untuk periode April 2018 – Maret 2019.

Semenjak peluncurannya, kampanye ini juga berhasil membuat orang tua dapat mengajarkan bahasa Inggris dengan mudah kepada anak-anak mereka di rumah, pelajar dapat belajar lebih dulu untuk unggul di sekolah melalui materi yang dirancang untuk menarik minat mereka.

Profesional berhasil meningkatkan prospek pekerjaan mereka – karena dapat berlatih mempersiapkan wawancara kerja berbahasa Inggris di situs LearnEnglish dan para guru dapat memberikan pelajaran yang lebih dinamis dan interaktif yang lebih memotivasi siswanya. Ini merupakan bukti nyata dari visi kampanye English for Indonesia.

Bahwa meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran dan mengajar gratis
dan berkualitas akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang akan meningkatkan kualitas hidup orang Indonesia, dan membuat Indonesia lebih makmur.

Kampung Inggris

Kampung Inggris adalah salah satu pusat keunggulan pengajaran bahasa Inggris terbesar di Indonesia. Pelatihan guru hari ini akan membekali mereka dengan keterampilan untuk mengadopsi dan mengadaptasi sumber daya online British Council untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif, menarik, dan berpusat pada siswa di ruang kelas mereka.

Para guru juga berbagi praktik terbaik mereka, menyebarkan pengetahuan mereka kepada guru-guru lain di komunitas mereka.

British Council dan Kedutaan Besar Inggris telah membangun hubungan yang sangat erat dengan komunitas di Kampung Inggris lewat dua kunjungan resmi yang dilakuan pada tahun 2017 dan 2018.

Kunjungan ketiga yang diadakan bersamaan dengan peluncuran program pelatihan ini mengindikasikan komitmen dari kedua institusi tersebut untuk menguatkan hubungan kemitraan dengan 165 Pusat Pembelajaran Bahasa Inggris di Kampung Inggris – yang diwakili oleh Forum Kampung Bahasa (FKB).

Kampung Inggris adalah sebuah contoh kisah sukses kekuatan komunitas dalam menciptakan kesaradan dan kolaborasi untuk pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris. Program yang dicanangkan oleh British Council dan Kedutaan Besar Inggris ini akan memberdayakan pihak-pihak lokal sehingga dapat meningkatkan kualitas pengalaman dan konten pembelajaran nahasa Inggris bagi para murid yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan Asia Tenggara.

Moazzam Malik, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN mengatakan. “Bahasa Inggris adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki di abad ke 21 ini guna
meraih peluang yang amat banyak untuk mengembangkan diri,” katanya.

Para murid di Kampung Inggris merupakan contoh yang baik untuk hal ini. Kemampuan berbahasa Inggris akan mempermudah mereka untuk belajar di institusi kelas dunia yang berada di luar negeri, menerima beasiswa, dan membangun karir di dalam organisasi atau perusahaan internasional.

“Reza Rahadian, salah satu pendukung aktif kami, juga menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman kita. dengan menggunakan Bahasa Inggris, kita bisa berbicara dengan banyak orang, memperoleh banyak pengetahuan, dan berpartisipasi dalam pengalaman di kancah internasional yang kita inginkan. Jadi tunggu apa lagi? Apapun maumu, ayo #LearnEnglish dulu!” kata Paul Smith, Direktur British Council Indonesia.

“Ini adalah ketiga kalinya saya mengunjungi Kampung Inggris Pare dan saya selalu senang menyaksikan secara langsung semangat dari komunitas pembelajaran Bahasa Inggris terbesar di dunia ini. Program Training of Trainer akan membekali para pengajar Bahasa Inggris dengan kemampuan untuk menggunakan materi dan strategi dari situs LearnEnglish dan TeachingEnglish yang dikelola oleh British Council – sebuah situs pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris yang bersifat inklusif dan gratis bagi pengajar, kalangan profesional, mahasiswa dan mahasiswi, remaja, dan anak-anak,” ungkapnya.

Pelatihan ini akan menggabungkan materi dari situs LearnEnglish dan TeachingEnglish yang menyediakan materi pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris yang terkini, inovatif, dan menarik untuk digunakan oleh semua pengajar dan murid Kampung Inggris,
serta semua masyarakat Indonesia kapanpun dan di manapun.

Setelah pelatihan ini selesai, kami berharap bahwa para pengajar mampu membawa perubahan bagi lingkungan tempat mereka mengajar Bahasa Inggris di dalam komunitas mereka dan juga menjadi pelatih aktif bagi para pengajar lainnya.

“Sebagai seorang seniman, saya harus terus belajar, menemukan ide￾ide baru untuk menginspirasi dan menghibur. Kerap kali saya menemukan inspirasi dan pengetahuan baru melalui buku, film, dan lagu-lagu yang tak pernah Anda duga. Dengan belajar Bahasa Inggris – bahasa internasional dalam komunitas global – Anda bisa memperbanyak sumber-sumber pengetahuan, di mana Anda bisa menemukan ide-ide dan inspirasi- inspirasi baru,” kata Reza.

Masih katanya, hal ini tidak hanya berlaku di industri kreatif, karena belajar sebanyak-banyaknya merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang. Pemilihan pendidikan dan karir yang diambil seorang murid dapat diinspirasi oleh buku Bahasa Inggris favorit mereka, sementara para guru dapat memberikan inspirasi bagi para murid lewat konten kreatif dari berbagai belahan dunia jika konten tersebut ditulis atau diterjemahkan dalam Bahasa Inggris.

“Saya adalah pendukung English for Indonesia, karena kampanye ini memberikan kesempatan yang setara bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa belajar Bahasa Inggris dan membuka peluang-peluang yang sangat besar,” tutupnya. [nng/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar