Pendidikan & Kesehatan

Remaja 15 Tahun Diketahui Positif Covid-19

Sumenep (beritajatim.com) – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep kembali bertambah. Hari ini bertambah 1 orang, sehingga total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep menjadi 64 orang.

“Pasien nomor 64 itu adalah perempuan, masih berumur 15 tahun. Pasien adalah warga Kecamatan Pasongsongan,” kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, Minggu (28/06/2020).

Pasien nomor 64 tersebut merupakan hasil tracing orang dalam pemantauan (ODP) yang dilakukan tim Puskesmas Pasongsongan, karena yang bersangkutan melakukan kontak dengan keluarga dari luar kota.

“Ketika dilakukan rapid test hasilnya reaktif. Kemudian dilanjutkan dengan swab, hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Ferdiansyah.

Pasien ini pun langsung dirawat di ruang isolasi Covid-19 RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep. Sedangkan lingkungan di sekitar tempat tinggal pasien disemprot disinfektan.

“Tidak hanya itu, satgas Covid juga melakukan tracing terhadap kontak erat pasien, kemudian melakuan rapid dilanjutkan dengan swab, apabila hasil rapid testnya reaktif,” terang Ferdiansyah.

Ia kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatab, mengingat jumlah pasien positif Covid-19 di Sumenep terus meningkat.

“Kita wajib mengenakan masker apabila keluar rumah. Kemudian rajin cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, dan physical distancing. Insya Allah itu akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar