Pendidikan & Kesehatan

Relawan dan BPBD Pamekasan Kirimkan Bantuan untuk Korban Tsunami Banten

Pamekasan (beritajatim.com) – Beberapa komunitas relawan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, mengirimkan berbagai jenis bantuan untuk korban bencana alam Tsunami Banten dan Lampung, Jum’at (18/1/2019).

Komunitas relawan tersebut terdiri dari mahasiswa Universitas Madura (UNIRA) yang tergabung dalam Forum Relawan Penanggulangan, Mahapala dan Sispala Arjuna. Mereka dilepas secara simbolis oleh Rektor UNIRA Pamekasan, Riskina di halaman kampus Jl Raya Panglegur.

“Kami bangga atas partisipasi dan kepekaan para relawan untuk membantu sesama dalam hal ini korban bencana Tsunami Banten dan Lampung, kami berharap nilai-nilai kemanusiaan seperti ini tetap dijaga,” kata Rektor UNIRA, Riskina.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada BPBD Pamekasan, yang telah membimbing para relawan untuk tetap memiliki nilai perikemanusiaan. “Terima kasih kepada BPBP Pamekasan yang telah membina dan mengalahkan anggota Mahapala dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Salah satu perwakilan Mahapala UNIRA juga berharap kegiatan tersebut bermanfaat untuk para korban bencana alam. “Penggalangan dana ini kita lakukan selama empat hari dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 14 juta, kami harapkan nantinya bermanfaat bagi masyarakat Banten maupun Lampung,” harapnya.

Sementara Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan, Budi Cahyono menyampaikan bantuan tersebut tidak hanya berbentuk uang tunai. Tapi juga terdapat jenis bantuan lain yang akan dibawa ke lokasi kejadian.

“Tidak hanya uang tunai sebesar Rp 14 juta, tapi para relawan juga mengirimkan berbagai jenis bantuan lainnya. Seperti sembako, selimut, perlengkapan salat, terpal (tenda) serta berbagai jenis bantuan lainnya,” jelasnya.

Proses pengiriman tersebut bakal diantarkan langsung oleh perwakilan relawan, meliputi sebanyak tiga mahasiswa Mapala dan dua orang Sipala Arjuna. Termasuk juga perwakilan dari BPBD Pamekasan. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar