Pendidikan & Kesehatan

Relawan Covid 19 Banyuwangi, Apa Tugasnya?

Sejumlah relawan penanganan Covid 19 Banyuwangi dilepas langsung oleh Bupati Ipuk Fiestiandani di halaman Pemda Banyuwangi. (rin)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyuwangi kembali merekrut sejumlah relawan Covid 19. Terbaru ada 54 relawan yang akan bertugas membantu penanganan Covid 19 di Banyuwangi.

Lalu apa tugas para relawan tersebut? Kepala Dinas Kesehatan dr. Widji Lestariono mengatakan para relawan tersebut standby di home base yang lokasinya tidak jauh dari Posko Penanganan Covid-19.

“Tim relawan nakes ini sifatnya mobile. Sewaktu-waktu Puskesmas atau rumah sakit membutuhkan tenaga, tim relawan akan diberangkatkan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr. Widji Lestariono, Rabu (1/9/2021).

Rio menyebut, tim relawan ini akan bergerak sesuai penugasan. Salah satu tugas utama relawan adalah mempercepat vaksinasi. “Nantinya para relawan akan ditugaskan melakukan vaksinasi door to door utamanya pada warga yang membutuhkan perlakuan khusus, seperti lanjut usia, kelompok yang rentan dengan komorbid, dan disabilitas,” jelas Rio.

Ada lagi tugas mereka. Yaitu ikut melakukan program percepatan vaksinasi khususnya di daerah yang cakupan vaksinasinya rendah. “Membantu pelaksanaan vaksin yang dilakukan puskesmas biasanya di balai desa atau tempat publik lainnya, terutama di kawasan yang cakupan vaksinnya rendah. Selain itu juga membantu pelaksanaan tracing dan tracing yang dilakukan Puskesmas,” kata tambahnya. (rin/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar