Pendidikan & Kesehatan

Rektor Universitas Jember Ingin TNMB Jadi Laboratorim Alam

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sejak lama bekerjasama dengan Taman Nasional Meru Betiri untuk pemberdayaan masyarakat dan konservasi alam.

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna mengatakan, kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk mitigasi lingkungan dan perbaikan ekonomi masyarakat sekitar hutan.

“Ke depan kami ingin lahan Meru Betiri bisa disiapkan sebagai laboratorium alam,” katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember, Senin (8/2/2021).

Iwan ingin desa di area taman nasional diberdayakan. Selama ini Unej dan TNMB sudah bekerjasama dalam melakukan pelatihan pembuatan batik khas Merubetiri, budidaya angkrang, dan pembuatan pakan ternak.

Iwan ingin ada alernatif  mata pencarian masyarakat desa sekitar Meru Betiri agar tidak mengganggu kawasan hutan taman nasional. “Kami yang merupakan bagian dari Kabupaten Jember, mempunyai personal atau dosen yang relevan dengan pemulihan ekosistem taman nasional merubetiri. Kami akan bergerak baik dalam bentuk pengabdian,” katanya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk

Sup Ikan, Menu Berbuka Puasa Bergizi Tinggi

Soil dari Tanah Kembali ke Tanah