Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Rektor Universitas Jember: 5.000 Mahasiswa Ikut KKN Kewirausahaan

Rektor Unej Iwan Taruna

Jember (beritajatim.com) – Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengatakan, animo mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan (KKN TKWU) sangat baik.

“Dari data yang ada pada 2020 lalu ada lima ribuan mahasiswa yang turut serta menjalani program KKN Tematik Kewirausahaan,” kata Iwan, sebagaimana dilansir Humas Unej, Rabu (6/10/2021).

KKN TKWU secara nasional telah melibatkan 38 ribu lebih mahasiswa yang melaksanakan pendampingan UMKM dan rintisan usaha baru di 3.800 lokasi di 146 kabupaten dan kota di Indonesia.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah bekerjasama dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development, USAID) melalui Mitra Kunci untuk memgembangkan program itu.

Program ini dijalankan di perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia sejak 2017 lalu. Tujuannya mendorong munculnya lebih banyak lagi wirausaha muda, khususnya dari lingkungan kampus. Salah satunya adalah Siti Maimunah, mahasiswi Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Maimunah yang berhasil mendampingi pengusaha mikro kecil menengah, toko kaos Lokatara, di Jember. Omzet toko ini melonjak dari Rp 3 juta per bulan menjadi Rp 60 juta per bulan setelah Maimunah menjadi pendamping sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata tematik Kewirausahaan pada Juni 2020.

Maimunah melakukan tiga langkah untuk mendampingi Lokatara, yakni memetakan pelanggan, membenahi toko, dan membuat program pemasaran inovatif. “Menyasar pelanggan menengah ke bawah, desain kaos biasanya memakai warna-warna dasar yang ngejreng. Sementara untuk pelanggan menengah ke atas, kami pakai warna pastel yang lebih adem,” katanya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar