Pendidikan & Kesehatan

Rektor Unej Ajak Saring Informasi, Jaga Pancasila

Jember (beritajatim.com) – Rektor Universitas Jember Mohammad Hasan mengingatkan, Pancasila akan mendapatkan tantangan yang berat pada masa-masa mendatang. Arus globalisasi dapat mempengaruhi generasi milenial yang mudah mendapatkan informasi.

Dengan kondisi serba bebas ini, Hasan mengingatkan, semua orang harus mampu menjadi teladan yang baik untuk generasi ke depan. “Di zaman keterbukaan informasi ini, kita harus pandai menyaring informasi yang masuk agar tidak sampai merusak nilai luhur Pancasila yang bisa merusak tatanan berbangsa dan bernegara,” katanya sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Hasan menegaskan, kampus Unej berkomitmen terus untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah dasar satu-satunya dalam menunaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan itu sudah termaktub dalam potongan lirik lagu Hymne Universitas Jember.

Hasan mengatakan, komitmen ini bukan retorika dan justru bentuk bentuk apresiasi terhadap para pendiri bangsa yang telah mampu merumuskan dan menyusun Pancasila sebagai sebuah dasar nilai kehidupan berbangsa dan bernegara. “Di dalam Pancasila terkandung makna nilai solidaritas, toleransi dan nilai-nilai kebersamaan atau gotong-royong. Ini adalah dasar kuat yang telah mampu menjadikan Indonesia tetap utuh hingga saat ini dan terkandung harapan bahwa indonesia akan terus bertahan hingga saat nanti,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar