Pendidikan & Kesehatan

Rektor UIN Malang Lepas 19 Mahasiswa KKM Internasional ke Mesir dan Thailand

Malang (beritajatim.com) – Sebanyak 19 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) akan melangsungkan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Internasional di Mesir dan Thailand. Mereka dilepas langsung oleh Rektor UIN Prof M Zainuddin, MA bertempat di ruang lobby, lantai 1, Gedung Rektorat DR. (HC). Ir. Soekarno, Kamis(29/12/2022) siang.

Diketahui bahwa mahasiswa tersebut akan berada di Mesir dan Thailand selama lima minggu. Prof Zain, sapaannya, berpesan agar selalu menjaga almamater kampus, menjaga akhlak dan juga mematuhi aturan masyarakat di sana. “Jaga almamater UIN Malang, akhlak, dan aturan masyarakat di kedua negara. Penting juga untuk terus mengasah skill dan wawasan bahasa,” kata Rektor UIN Malang.

Sebab, kata Prof Zainuddin, bahasa merupakan jendela dunia. “Jadi memang sangat penting perannya apalagi nanti digunakan saat kalian semua di tempat KKM,” tuturnya menyambung.

Selain itu, satu hal lagi yang wajib bagi para mahasiswa yaitu agar menulis atau membuat catatan semacam journey report setiap hari. Hal itu nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan laporan kegiatan, hal itu juga bisa menjadi tambahan wawasan dan pengalaman pribadi.

“Setiap hari anda semua wajib menulis, apapun kegiatan dan dimanapun tempatnya terutama terkait hal akademik, edukatif yang bermanfaat dan sebagainya,” harapnya kepada seluruh mahasiswa.

Sementara itu, menurut laporan dari ketua pelaksana, Syaiful Mustofa bahwa para mahasiswa KKM internasional ini terdiri dari mahasiswa International Class Program (ICP) dari Fakultas Tarbiyah dan juga dari prodi bahasa Arab maupun dari Prodi Inggris. Terkait tugas utama dari KKM International tersebut yaitu pelaksanaan program yang berbasis keagamaan dan kemasyarakatan yang sudah ada pada buku pedoman. [dan/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar