Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ratusan Penghuni Lapas Kediri Divaksin Booster

Kediri (beritajatim.com) – Ratusan warga binaan Lembaga Permasyarakat (Lapas) Kelas 2A Kediri menjalani vaksinasi booster, Rabu (20/4/2022) pagi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Dalam kegiatan ini, satu persatu dari mereka menunggu giliran. Setelah antre, masing-masing dipanggil untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini menjadi hal pokok, sebelum mereka memperoleh penyuntikan vaksin.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, sebanyak 300 warga binaan menjalani vaksinasi booster. Sebelumnya, mereka telah mendapat vaksin untuk dosis pertama dan dosis kedua, serta kondisinya sehat.

Selain vaksin booster jenis astazeneca, dalam kegiatan ini juga disediakan 100 dosis vaksin dosis pertama dan dosis kedua untuk para penghuni baru. Tidak ada yang berbeda dalam pelaksanaan vaksin dosis pertama dan kedua, maupun booster ini.

Binda Jawa Timur Korwil Kediri Muhammad Nur menjelaskan, selain menyukseskan program pemerintah vaksinasi booster kepada warga binaan Lapas Kediri, juga karena mereka masuk sebagai kelompok rentan penularan Covid-19. Sebab, mereka tinggal dalam satu tempat secara bersama-sama.

“Hari ini BIN kembali melaksanakan vaksinasi, untuk meneruskan perintah Presiden Republik Indonesia dalam percepatan vaksinasi. Dengan percepatan ini, semoga pandemi ini segera berlalu dan menjadi endemi,” katanya.

Pihaknya memuji antusias warga binaan yang sukarela dalam mengikuti vaksinasi. Dengan kesadaran ini, menurutnya, tentu akan membawa dampak positif bagi program percepatan pemerintah yang terus digalakkan. Selain itu, juga bisa diharapkan bisa merangsang minat masyarakat umum untuk mengikuti jejak mereka dalam mengikuti vaksin booster.

Hal senada diungkapkan oleh drg. Erma Etika, dokter gigi Lapas Kelas 2A Kediri. Setelah proses pendataan, para warga binaan dikumpulkan, dan hari ini dilakukan vaksinasi. “Kami daftar siapa saja yang sudah vaksin kedua. Lalu kami kumpulkan dan baru ini bisa dilaksanakan vaksinasi,” terangnya.

Sejauh ini, BIN sudah mulai melakukan percepatan vaksinasi di wilayah Kediri, sejak Desember lalu. Ke depan, BIN akan terus menggencarkan vaksin booster dengan menyasar para takmir musala dan masjid, serta kelompok masyarakat lainnya. [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar