Pendidikan & Kesehatan

Ratusan Calon Mahasiswa Asal Kabupaten Mojokerto Ikuti Rapid Test Gratis

Puluhan calon mahasiswa mengikuti rapid test gratis di Lakesda Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Puluhan calon mahasiswa asal Kabupaten Mojokerto mengikuti rapid test di Laboratorium Kesehatan Daerah (Lakesda) di Jalan Raya Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. Rapid test tersebut diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto secara gratis.

Rapid test tersebut sebagai syarat calon mahasiswa yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di sejumlah perguruan tinggi di Surabaya. Rapid test gratis tersebut untuk mempermudah para calon mahasiswa.

Dari pantauan di lokasi, di hari pertama rapit test digelar, sejak pagi sudah banyak didatangi para calon mahasiswa. Setiap calon mahasiswa hanya ingin mengikuti rapid test dimintai foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), membawa bukti pendaftaran UTBK SNMPTN dan wajib mematuhi protokol kesehatan.

Salah seorang calon mahasiswa, Abdul Aziz asal Kecamatan, Mojoanyar mengaku, dengan rapid test gratis yang digelar Pemkab Mojokerto tersebut cukup membantu. Ini lantaran syarat mengikuti UTBK SBMPTN harus menyertakan hasil rapid test yakni dengan hasil non reaktif.

“Kalau rapit test mandiri sekarang harganya Rp400 ribu, ini menurut kita sangat membebankan. UTBK yang akan saya ikuti di salah satu perguruan tinggi di Surabaya, harus menyertakan hasil rapid test. Sehingga cukup membantu,” ungkapnya, Senin (6/7/2020).

Sementata itu, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Ardi Septianto mengatakan, rapit test gratis untuk calon mahasiswa tersebut digelar di Lakesda selama empat hari, mulai tanggal 6 Juli sampai 9 Juli 2020. “Kita siapkan 3 ribu rapid test. Nanti kalau habis, akan kita mintakan lagi,” jelasnya.

Masih kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto ini, syarat untuk ikut rapid test gratis adalah calon mahasiswa asal Kabupaten Mojokerto. Calon mahasiswa cukup melampirkan foto copy KTP dan membawa bukti pendaftaran UTBK SNMPTN. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar