Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Penyebaran Covid-19

Pamekasan Gelar Rapid Test Massal

Pamekasan (beritajatim.com) – Beragam ikhtiar dilakukan oleh pemerintah di Pamekasan, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga pemerintah desa. Khususnya dalam mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran wabah virus corona alias Covid-19.

Salah satunya upaya pemerintah kecamatan Pamekasan (Kota) yang melaksanakan kegiatan rapid test massal gratis bagi masyarakat umum di depan Pasar Sore, Jl Dipenogoro, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Pamekasan, Rabu (17/6/2020).

“Kegiatan ini dilakukan berkat kerjasama dengan Puskesmas Kelurahan Kowel, sekaligus sebagai lanjutan dari kegiatan yang dilakukan sebelumnya. Bahkan masyarakat banyak yang memanfaatkan kesempatan rapuh test ini, termasuk mereka yang hendak keluar kota,” kata Camat Pamekasan, Rahmad Kurniadi.

Selain itu pihaknya menilai tingkat kesadaran masyarakat dalam mengikuti rapid test cukup bagus untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka. “Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan rapid test, sekalipun kouta yang disiapkan untuk hari ini sekitar 51 orang,” ungkapnya.

“Jadi kalau misalnya nanti ada yang diketahui (hasil rapid test) reaktif dalam pemeriksaan ini, kami selaku Satgas (Covid-19) Kecamatan akan menjadikan bahan evaluasi sebagai bahan laporan kepada Satgas Kabupaten. Tetapi untuk hal teknis kita sampaikan kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas yang akan memberikan penjelasan,” jelasnya.

Tidak hanya melakukan kegiatan rapid test, kegiatan pencegahan penyebaran wabah Covid-19 juga dilakukannya dengan upaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke berbagai sarana publik. Salah satunya dengan menggandeng Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) Kecamatan Pamekasan.

“Selain rapid test, hari ini kita juga melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di berbagai tempat, seperti di TK Santa Theresia, TK Al-Ghazali, Darul Akhlaq, dan hari selanjutnya juga sudah dibuatkan jadwal dengan PGTK hingga 24 Juni 2020 mendatang,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar