Pendidikan & Kesehatan

Rapid Test Massal, 6 Warga Jombang Reaktif

Jombang (beritajatim.com) – Sebanyak enam orang warga Jombang dinyatakan reaktif. Hal itu setelah mereka mengikuti rapid test massal yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Kamis (18/6/2020).

Enam orang orang tersebut terdiri dari empat warga Desa Badas dan dua warga Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito, Jombang. “Sebagai tindak lanjut, enam orang tersebut akan menjalani tes swab,” kata Kepala Puskesmas Jogoloyo, Kecamatan Sumobito, dr Riski Kurniawati.

Riski menjelaskan, tes swab bagi enam orang tersebut sangat penting dilakukan guna mengetahui yang bersangkutan terinfeksi Covid-19 atau tidak. “Kapan tes swab itu dilakukan, kita masih meninggu jadwal dari Dinas Kesehatan,” tambah Riski.

Rapid tes massal itu dilakuka di dua tempat. Pertama di Balai Desa Badas, kemudian kedua di Balai Deaa Plosokerep. Di Desa Badas, petugas menargetkan 100 orang. Namun yang hadir atau memgikuti tes hanya 42 orang. Dari jumlah itu, sebanyak empat orang dinyatakan reaktif.

Sementara di Balai Desa Plosokerep, petugas menargetkan 125 orang untuk dirapid test. Namun demikian, hanya 46 orang yang hadir. Hasilnya, sebanyak dua orang dinyatakan reaktif. “Sehingga jumlah total dari dua desa tersebut ada enam yang reaktif,” ujar Riski.

Riski mengatakan, rapid test dilakukan berdasarkan hasil tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Orang-orang tersebut melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar