Pendidikan & Kesehatan

Rapid Tes Produk Pangan Segar, DKPP Kabupaten Kediri Temukan Sayur Mengandung Pestisida

Kediri (beritajatim.com) – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri menggelar rapid test atau tes cepat terhadap sejumlah produk pangan segar di Kantor Kecamatan Pare, Rabu (16/6/2021). Kegiatan ini untuk mendukung penambahan imunitas tubuh melalui konsumsi bahan pangan bergizi tinggi di tengah pandemi Covid-19.

Dari pemeriksaan cepat ini ada dua dari enam sampel bahan pangan yang diuji dinyatakan positif mengandung pestisida. Masing-masing dari komoditas tomat dan cabai. Nurlinda, salah satu peserta program rapid tes produk pangan segar asal Desa Sidorejo, sangat senang bisa menjadi bagian dalam program tersebut. Sebab, kegiatan itu mampu memberi tambahan wawasan tentang pangan yang aman bagi keluarga di rumah.

“Di tengah suasana masih Pandemi Covid ini, kita dituntut memahami asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Menjalankan protokol kesehatan tidak cukup, tapi dengan imunitas yang kuat, maka Virus Corona bisa dicegah. Tadi, saat ikut di acara, saya dan ibu PKK paham kalau ada jenis sayur yang mengandung pestisida, sehingga sebelum dipotong-potong dan sebelum dikonsumsi patut dicuci bersih dengan air mengalir,” katanya.

Kepala Seksi Mutu, Gizi, dan Keamanan Pangan (DKPP) Kabupaten Kediri, Sudibyo hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Pihaknya memberi edukasi cara mengetahui dan mengolah produk pangan segar kepada sejumlah Ibu Penggerak PKK setempat.

“Mengonsumsi sayuran memang kebiasaan yang bagus, karena meningkatkan pola hidup sehat. Tapi kita perlu ingat, bahwa ada jenis sayur yang mendapat perlakuan seperti disemprot cairan pestisida oleh si petani. Mereka percaya, dengan memakai pestisida maka tanaman sayur mereka akan lebih terlindungi dari penyakit dan hasil panennya bisa bagus,” katanya.

Dirinya percaya, melalui agenda semacam ini masyarakat bisa memiliki pengetahuan lebih, bagaimana jika sewaktu-waktu mereka menemukan produk pangan segar yang mengandung Pestisida ataupun bahan kimia lain. “Lalu, diwujudkannya rapid tes keamanan pangan ini bertujuan pengawasan dan keamanan pangan di Kabupaten Kediri,” katanya.

Untuk diketahui, sejumlah bahan pangan yang dirapid tes, antara lain pentol, kerupuk, hingga aneka sayur-sayuran. Kegiatan serupa akan dilaksanakan terus menerus. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar