Pendidikan & Kesehatan

Pemberitaan Ramah Anak

PWI Pamekasan Ajak Polres Sosialisasi Peraturan Dewan Pers

Pamekasan (beritajatim.com) – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, berencana mengajak Polres setempat untuk menggelar sosialisasi pedoman pemberitaan ramah anak.

Gagasan tersebut mengacu pada Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/II/2019 tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak sebagai petunjuk teknis kasus kriminalisasi anak yang ditanda tangani Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, Sabtu (9/2/2019) lalu.

“Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Dewan Pers tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak, kami berencana mengajak Polres Pamekasan pada Unit Perlindungan Perempuan dan Anak untuk menggelar sosialisasi bersama,” kata Ketua PWI Pamekasan, Abd Aziz, Senin (18/3/2019).

Tercatat sebanyak 12 poin teknik pemberitaan ramah anak yang dikeluarkan Dewan Pers, hal itu seyogyanya perlu dipahami oleh sejumlah instansi terkait termasuk insan pers maupun pihak kepolisian. “Kami memandang perlu melakukan sosialisasi secara khusus dengan bekerjasama dengan instansi terkait mengenai ketentuan ini,” ungkapnya.

“Sehingga dengan adanya sosialisasi tersebut, nantinya tercipta pemahaman yang sama antara wartawan dalam melakukan tugas jurnalistik di lapangan dengan pejabat instansi terkait sebagai narasumber berita di Pamekasan,” sambung pewarta LKBN Antara Jawa Timur.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mencanangkan sosialisasi dengan melibatkan banyak pihak. Di antaranya perwakilan organisasi profesi maupun paguyuban wartawan, perwakilan humas maupun Kominfo termasuk kelompok informasi masyarakat, perwakilan perguruan tinggi hingga perwakilan TNI-Polri di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Sementara kita matangkan dulu gagasan ini, insya’ Allah dalam waktu dekat kita sosialisasikan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman bersama seputar pemberitaan ramah anak seperti yang tertuang dalam peraturan Dewan Pers,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar