Pendidikan & Kesehatan

Putra Putri Terbaik Kabupaten Kediri Ikuti Seleksi Paskibraka

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar seleksi Paskibraka di halaman belakang Kantor Pemkab Kediri. Terlihat sejak pagi para peserta melakukan her registrasi. Mereka merupakan siswa-siswi SMA/SMK/MA negeri dan swasta se-Kabupaten Kediri.

Seleksi tahun inidibatasi berdasarkan rombongan belajar (rombel). Sekolah dengan jumlah rombel 1-5 dapat mengirimkan 1 siswa, untuk 5-10 rombel dapat mengirimkan 2 siswa. Sedangkan sekolah dengan jumlah lebih dari 10 rombongan belajar, dapat mengirimkan 3 peserta. Dari ketentuan tersebut terjaring 89 data siswa, akan tetapi yang hadir hanya 85 peserta, terdiri dari 49 laki-laki dan 36 perempuan.

“Semua sekolah mulai dari SMK, MA, SMA negeri swasta se-Kabupaten Kediri telah kami kirim undangan untuk mengikuti seleksi. Akan tetapi dikarenakan pandemi dan tatap muka siswa belum ada, jadi peminat Paskibraka 2021 ini menurun. Nantinya dari semua peserta akan diambil 77 orang, 2 diantaranya akan dikirim ke Jawa Timur,” kata Asmi Hanifah, Kepala Bidang Integrasi Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Kediri.

Pelaksana tugas Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri, Dr.Mohamad Solikin menegaskan, pelaksanaan seleksi paskibraka tahun ini menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Peserta pun diwajibkan melakukan rapid antigen sebelum pelaksanaan seleksi dan menyerahkan surat keterangan hasil kepada panitia.

Sama seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, seleksi paskibraka ini meliputi postur, samapta, praktek PBB, tes kesehatan, tes tulis online serta wawancara, dan tahun ini lebih difokuskan pada ideologi dan wawasan kebangsaan. Sementara pelatih paskibraka melibatkan tim gabungan dari Pemkab Kediri, TNI dan Polri.

Dengan penuh semangat dan disiplin para peserta selalu tertib sejak awal proses seleksi dimulai. “Saya bangga dapat mengikuti tes paskibraka Kabupaten Kediri ini. Apabila diterima, ini menjadikan kesan dalam kehidupan saya. Saya juga menginginkan pembelajaran tatap muka segera dilaksanakan, karena kegiatan belajar agar lebih maksimal,” ucap Nanda Rudiansyah dari SMK Kartanegara Wates. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar