Pendidikan & Kesehatan

Putar Otak Bikin Event saat Pandemi Covid-19

Rani Sukma Ayu Suteja S.I.Kom., M.Sc.

Surabaya (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 mengubah hampir segala lini dalam kehidupan manusia, tak terkecuali bidang industri event dan hiburan. Perencana dan vendor event pun berbondong-bondong memutar otak untuk menjalankan event meski di tengah peraturan yang ketat terkait Covid-19. Akhirnya muncul event-event yang diadakan secara daring.

Pengajar mata kuliah MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) Universitas Airlangga, Rani Sukma Ayu Suteja S.I.Kom., M.Sc mengatakan bahwa merencanakan dan melaksanakan event saat pandemi merupakan hal yang cukup menantang. Bukan tanpa alasan, ia mengemukakan banyaknya detail perencanaan yang membutuhkan koordinasi.

“Sebaiknya memang dilakukan secara offline agar lebih mudah tercipta mutual understanding, sehingga event bisa berjalan secara lancar,” ungkapnya.

Dia pun tidak mengelak adanya kesan monoton yang terjadi di banyak event online. Untuk menghindari kesan tersebut sekaligus meningkatkan minat audience mengikuti event daring, ia menekankan pentingnya membuat peserta merasa terlibat dalam acara.

“Misalnya kuis online dan lomba virtual photoshoot, sehingga peserta dapat berpartisipasi dan juga merasa dilibatkan secara langsung meskipun mereka dari rumah,” pungkasnya.

Masalah mendapatkan sponsor juga menjadi kendala yang cukup berat di masa pandemi. Banyaknya perusahaan yang membatasi anggaran untuk sponsor, keterbatasan waktu, dan sulitnya hubungan berkomunikasi melalui daring menjadi penyebabnya.

Sulit bukan berarti tidak bisa, dosen jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNAIR tersebut menawarkan solusi yang dapat dicoba dalam menggaet sponsor. Mengangkat tema yang menarik terkait pandemi, dan memberikan slot promosi bisa menjadi strategi menarik sponsor untuk bergabung dengan event yang akan dilaksanakan.

“Kita bisa menawarkan slot semacam talkshow, kuis berhadiah, lomba, atau satu mata acara agar sponsor tertarik untuk bergabung,” tambahnya.

UNAIR sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia mendukung seluruh civitas akademika untuk berkontribusi kepada masyarakat luas. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar