Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Sasar 800 Orang

Puskesmas Mojowarno Jombang Gelar Vaksinasi Perdana untuk Remaja

Salah seorang pelajar mendapatkan suntikan vaksin di SMP Negeri 1 Mojowarno Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas Mojowarno, Jombang, Jawa Timur, menggelar vaksinasi perdana untuk remaja usia 12 – 17 tahun. Tujuannya, dapat melindungi para remaja dari penularan Covid-19.  Vaksinasi yang digelar pada 8 dan 9 Juli 2021 ini bertempat di SMP Negeri 1 Mojowarno.

Pelaksanaan vaksinasi perdana tersebut dengan target 800 pelajar. Dalam pelaksanannya, Puskesmas Mojowarno melibatkan berbagai pihak, yakni dibantu oleh mahasiswa STIKES Pemkab Jombang, dewan guru SMPN 1 Mojowarno, Babinsa, serta Bhabinkamtibmas. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak tersebut, pelaksanaan vaksinasi perdana ini dapat berjalan dengan lancar.

Persyaratan vaksinasi tersebut cukup mudah. Para pelajar cukup menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan nomor ponsel (telepon seluler). Hal itu digunakan untuk proses pendataan peserta. Data tersebut kemudian dikumpulkan secara kolektif oleh pihak sekolah.

Alur pemberian vaksinasi untuk remaja, tidak jauh beda dengan pemberian vaksinasi umum. Yaitu melakukan pendaftaran, kemudian skrening dengan mengukur suhu dan tekanan darah, serta menjawab beberapa pertanyaan yang sudah tersedia. Bagi siswa yang dinyatakan lolos vaksin disilakan menuju meja berikutnya guna memperoleh vaksinasi. Terakhir, dilakukan observasi.

Peserta vaksinasi antre dengan tetap menjaga jarak di depan ruangan sekolah

Kepala BLUD Puskesmas Mojowarno dr. Ainun Zubaidah, M.KP menjelaskan, percepatan vaksinasi perdana ini diharapkan dapat melindungi para siswa-siswi dari penularan Covid-19. “Meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, tetap harus dilakukan. Tujuannya, agar siswa-siswi dapat membentengi dirinya dari Covid-19. Juga sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah,” ujarnya, Sabtu (10/7/2021).

Harapannya lagi, lanjut dr Ainun, dengan menggelar vaksin perdana untuk remaja di sekolah dapat memudahkan siswa-siswi memperoleh vaksinasi dengan cepat. Sehingga target sasaran vaksin bagi remaja segera tercapai.

“Selain itu, diharapkan pelaksanaan vaksinasi untuk remaja dapat dilanjutkan di masing-masing sekolah yang ada di wilayah kerja BLUD Puskesmas Mojowarno. Sasarannya remaja usia 12-17 tahun,” pungkas Kepala BLUD Puskesmas Mopjowarno ini. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar