Pendidikan & Kesehatan

Puskesmas Gedangan Sidoarjo Miliki Gedung Baru

Puskesmas Gedangan diresmikan pemanfaatannya oleh Wakil Bupati H. Subandi SH, Selasa, (30/3/2021).

Sidoarjo (beritajatim.com) – Puskesmas Gedangan miliki gedung baru. Luasnya 1.125 m2. Dibangun dua lantai. Letaknya bersebelahan dengan Pasar Gedangan dan perumahan Puri Surya Jaya Gedangan. Pagi tadi, Puskesmas Gedangan diresmikan pemanfaatannya oleh Wakil Bupati H. Subandi SH, Selasa, (30/3/2021).

Wakil Bupati H. Subandi mengatakan Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat. Diharapkan dengan dibangunnya gedung baru Puskesmas Gedangan akan mampu meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Dengan ruang pelayanan yang nyaman, ruang tunggu yang representatif serta ketersediaan ruang publik diharapkan meningkatkan kepuasaan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Oleh karenanya dirinya berharap Puskesmas Gedangan segera dapat beroperasi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pembangunan gedung baru Puskesmas Gedangan merupakan upaya Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya.

Wabup H. Subandi mengatakan Puskesmas Gedangan lama yang berada di Jalan Raya Gedangan sudah tidak memenuhi standar lokasi serta sarana dan prasarana tertentu. Seperti tidak adanya lahan parkir serta transportasi yang padat.

Selain itu status tanahnya bukan milik Pemkab. Sidoarjo. Fakta tersebut membuat Pemkab. Sidoarjo tidak dapat melakukan renovasi dan pembangunan fasilitas Puskesmas Gedangan sesuai standar yang berlaku. Untuk itulah dibangun gedung baru Puskesmas Gedangan ditempat lain yang sesuai standar pusat kesehatan masyarakat.

“Berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan nomer 43 tahun 2019 tentang pusat kesehatan masyarakat, Puskesmas harus didirikan dengan standar lokasi serta sarana dan prasarana tertentu. Puskesmas Gedangan lama yang terletak di Jalan Raya Gedangan nomer 330 Kecamatan Gedangan tidak memenuhi persyaratan tersebut,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatab drg. Syaf Satriawarman Sp.Pros mengatakan cakupan pelayanan kesehatan Puskesmas Gedangan mencapai delapan desa. Jumlah kapitasi sekitar 24 ribu. Puskesmas Gedangan merupakan Puskesmas perkotaan non rawat inap.

“Dengan tempat yang baru ini mestinya teman-teman Puskesmas Gedangan bisa bekerja lebih maksimal,” pesannya.

Diceritakannya pembangunan Puskesmas Gedangan dilakukan dalam dua tahun berjalan. Pembangunan infrastruktur dimulai ditahun 2018 dengan anggaran sebesar Rp 6,1 milyar. Kemudian dilanjutkan penyelesaian pembangunannya ditahun 2020 dengan anggaran sebesar Rp 4,8 milyar.

“Pembangunan Puskesmas ini karena Puskesmas Gedangan yang lama bermasalah terkait tanahnya,”ucapnya. (isa/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar