Pendidikan & Kesehatan

Puskesmas Ajung Tutup, 8 Tenaga Kesehatan Terkena Covid-19

Hasil Rapid Test Covid-19, Ilustrasi

Jember (beritajatim.com) – Puskesmas Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur ditutup sementara, karena ada delapan orang tenaga kesehatan positif Covid-19, Selasa (21/7/2020). Namun besok puskesmas kembali dibuka.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember Gatot Triyono mengatakan, mereka terinfeksi pasien kasus 139 yang juga tenaga kesehatan di sana. “Puskesmas untuk sementara waktu disterilisasi, dan kemungkinan besok sudah buka dengan BKO (petugas perbantuan) dari puskesmas terdekat,” katanya kepada wartawan

Para tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas Ajung melakukan isolasi mandiri. Hari ini, swab test dilakukan untuk seluruh tenaga kesehatan dan keluarga. “Targetnya ada seratus orang,” kata Gatot.

“Memang tenaga kesehatan banyak yang positif, baik tenaga rumah sakit maupun tenaga puskesmas, kurang lebih belasan orang yang positif. Tapi sebagian sudah sembuh. Mereka memang rentan, karena tidak tahu masyarakat yang datang membawa virus atau tidak. Kemarin ruang operasi RSD dr. Soebandi sempat lockdown juga, karena ada yang positif. Tapi setelah satu dua hari langsung sterilisasi, buka lagi,” kata Gatot.

Saat ini di Jember, sudah teridentifikasi 207 kasus positif Covid-19. “Kami di gugus tugas sudah menurunkan petugas pengawas protokol Covid, berkolaborasi melakukan pengawasan terhadap masyarakat. Di gugus tugas ada empat tim yang tiap hari keliling mengawasi. Di tingkat muspika, tiap hari mereka juga keliling di wilayah masing-masing,” kata Gatot. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar