Pendidikan & Kesehatan

Punya Sertifikat PPG Bisa Lolos TKB CPNS

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) Surabaya mendapat kepercayaan dari Kemendikbud untuk menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri 2020.

Menjadi pertama kalinya menjadi penyelenggara PPG Prajabatan Mandiri, Unusa dipercaya memegang sekolah prajabatan ini khusus untuk PPG tingkat Sekolah Dasar, artinya Unusa hanya mengeluarkan sertifikat bagi yang ingin menjadi Guru SD.

Prof, Muh Jazidie, Rektor Unusa mengatakan dipercayainya Unusa sebagai penyelenggara merupakan bentuk apresiasi dari kesiapan kampusnya dalam pengelolaan PPG Dalam Jabatan yang sudah diselenggarakan tahun lalu.

“Ya karena kita tahun lalu sukses menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan untuk sekitar 500 guru SD saat ini kita kembali dipercaya jadi penyelenggara lagi untuk yang Prajabatan,” ungkap Jazidie, Rabu (13/11/2019).

Ia juga mengatakan bahwa disamping pengalaman menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan tahun lalu, Unusa juga sangat siap disemua aspek, seperti Dosen, Gedung, Laboratorium, mitra PKL dan sebagainya.

PPG Prajabatan Mandiri merupakan sekolah lanjutan atau sekolah profesi untuk lulusan yang ingin menjadi guru. PPG Prajabatan Mandiri ini ditempuh selama satu tahun dengan waktu 9 bulan efektif dengan model pembelajaran hampir mirip dengan kuliah, yakni perkuliahan, workshop, PPL dan uji kerja dan pengetahuan sebagai syarat kelulusannya.

“PPG Prajabatan Mandiri ini sertifikasi untuk jadi guru. Kan memang tidak bisa yang lulus sekolah kependidikan bisa langsung mengajar. Harus sekolah profesi dulu seperti dokter dan ners,” ujarnya.

Terdapat 62 perguruan tinggi lainnya yang juga dipercaya untuk menyelenggarakan PPG Prajabatan Mandiri 2020 dengan masing-masing kuota 75 mahasiswa untuk setiap perguruan tinggi penyelenggara. Pendaftaran PPG Prajabatan Mandiri inipun dikenakan biaya sebesar Rp300.000 dan biaya kuliah Rp8.500.000 per semester.

Pendaftaran pun dilakukan secara online dan akan dibuka pada awal November lalu hingga 2 Desember mendatang. Pendaftaran pun dapat diakses melalui laman http://Pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id serta untuk mengetahui informasi lebih lanjut dari PPG Prajabatan Mandiri ini dapat mengakses http://ppg.unusa.ac.id/pra-jabatan-mandiri.

Selain itu, sertifikat PPG Prajabatan ini memiliki manfaat tidak hanya menjadi syarat untuk mengajar sebagai guru tetapi juga mempermudah akses dalam persaingan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dr. Nafiah, M.Pd, selaku Koordinator PPG Unusa mengatakan jika peserta seleksi CPNS memiliki sertifikat PPG maka akan mendapat tambahan skor setara dengan nilai tertinggi dalam Tes Kemampuan Bidang (TKB) yang bernilai 60 persen.

“Dalam CPNS jika punya sertifikat pendidik akan mendapat poin khusus. 60 persen bobot penilaian sudah ditangan. Bagi yang sudah memiliki sertifikat pendidik tidak usah TKB, karena sertifikat tersebut menggantikan tes kemampuan bidangnya,” terang Nafiah.

Sehingga Dengan dibukanya PPG Prajabatan Mandiri ini diharapkan bahwa guru benar benar memiliki kualitas dan kompetensi tidak hanya dari sisi intelektual tetapi juga emosional dan spiritualnya. Sehingga terwujud proses belajar mengajar yang humanis. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar