Pendidikan & Kesehatan

Punya Peran Penting, Gaji Operator Sekolah di Jember Tak Jelas

Foto: Supriyono

Jember (beritajatim.com) – Operator sekolah punya peran penting dalam sistem administrasi pendidikan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun pentingnya peran itu tak berbanding lurus dengan gaji mereka.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Jember Supriyono mengatakan, operator sekolah bertugas mengoperasikan data pokok sekolah yang berada dalam sistem dalam jaringan. “Data pokok sekolah ini pintu masuk, data guru dan semua, mau dapat bantuan maupun tunjangan ada di sini semua,” katanya.

Tanpa operator, Supriyono yakin sekolah akan kolaps. “Karena tidak bisa menerima bantuan,” katanya.

Operator berstatus pegawai tidak tetap. Selama ini gaji mereka jauh dari memadai dan tidak mendapat surat penugasan dari bupati. Tanpa surat penugasan, maka mereka tidak berhak mendapat insentif yang berasal dari APBD Jember melalui program pendidikan gratis.

Sementara itu, dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dari pemerintah pusat juga memiliki keterbatasan. “Sekarang ini dengan surat edaran menteri sudah jelas, harus GTT yang dibayar (dengan dana Bantuan Operasional Sekolah). PTT-nya tidak dimasukkan,” kata Supriyono. (Wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar