Pendidikan & Kesehatan

Puluhan Murid SD/MI di Jombang Diajari Bikin Pesawat Aeromodelling

Sejumlah murid SD/MI memamerkan hasil karya berupa pesawat aeromodelling di SMP Islam Mojopahit Mojoduwur, Sabtu (7/3/2020)

Jombang (beritajatim.com) – Pemandangan berbeda terlihat di SMP Islam Mojopahit Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Sabtu (7/3/2020). Puluhan murid SD/MI berkumpul di sekolah tersebut. Mereka diajari membuat aeromodelling.

Senyum anak-anak itu mengembang. Di tangan mereka nampak pesawat kecil terbuat dari kayu. Dengan penuh kegirangan mereka menerbangkan pesawat free flight tersebut. “Hari ini mereka kita datangkan ke SMP Islam Mojopahit Mojoduwur untuk diajari pembuatan pesawat free fligt. Mereka kita kenalkan dengan aeromodelling,” ujar Kepala SMP Islam Mojopahit, Siti Masfufah, usai acara.

Sebanyak 70 anak tersebut merupakan murid VI dari sejumlah sekolah. Yakni, dari MI Fathul Ulum Kopen, MI Islamiyah Dadirejo, MI Raudlotul Ulum Penggaron, SDN Mojoduwur I, SDN Mojoduwur II, SDN Japanan I, SDN Japanan II, serta SDN Ngrimbi I. Mereka didampingi oleh masing-masing guru.

Begitu tiba di SMP Islam Mojopahit, mereka langsung berkumpul di depan kelas. Puluhan bocah itu duduk secara lesehan untuk mengikuti materi pengenalan aeromodelling tingkat dasar. Walhasil, animo puluhan peserta itu cukup bagus. Mereka dengan seksama mengikuti materi pembuatan pesawat dengan seksama.

Puluhan anak sangat antusias saat diajari membuat pesawat aeromodelling di SMP Islam Mojopahit Mojoduwur

Dalam kegiatan tersebut, pihak sekolah menggandeng Pengurus Cabang Aeromodelling Kabupaten Jombang – Federasi Aero Sport Indonesia. Adalah Aan Sakhoni yang didapuk sebagai pemateri. Dengan telaten, pengurus cabang aeromodelling ini mengajari puluhan peserta membuat pesawat. Bukan sekedar teori, para peserta juga mempraktikkannya. Di akhir acara, anak-anak itu menjajal pesawat yang mereka rakit.

Siti Masfufah megungkapkan, selama ini di sekolah yang ia pimpin memang ada ekstrakurikuler aeromodelling. Kegiatan itu dilaksanakan setiap Sabtu. “Namun untuk hari ini, kita juga mengundang anak SD/MI untuk mengikuti kegiatan tersebut. Alhamdulillah, respon mereka cukup bagus,” ujarnya.

Kepala SMP Islam Mojopahit beralasan, pemberian materi untuk anak-anak SD/MI tersebut guna memperkenalkan cabang olahraga aeromodelling sebagai bagian dari olahraga kedirgantaraan. “Karena aeromodelling merupakan olahraga yang mengandung unsur science, khususnya ilmu matematika dan IPA. Selain itu juga bersifat menyenangkan serta terjangkau,” pungkasnya. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar