Pendidikan & Kesehatan

Puluhan Lansia Sidoarjo Ikuti Vaksinasi Bersama BUMN di Grand City

Surabaya (beritajatim.com) – Sekitar 60 orang warga Sidoarjo yang lanjut usia (lansia), mengikuti vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini diadakan di Sentra Vaksinasi Bersama (SVB) BUMN di Grand City Surabaya.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Yayasan Indonesia Sehat (BERSIH) dengan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Cabang Sidoarjo.

Ketua IKA Unair Sidoarjo, drg Winaryo S Perio mengatakan, bahwa peserta lansia yang ikut vaksinasi BUMN ini berasal dari berbagai tempat di Sidoarjo dan sekitarnya. Mereka lebih dulu berkumpul di Lippo Mall Sidoarjo.

“Dari lokasi ini mereka diberangkatkan dengan menggunakan dua bus dari Universitas Airlangga,” kata Winaryo.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Dokter Win ini berpesan agar selama perjalanan hingga pulangnya bisa menjaga diri dan tetap berpedoman pada protokol kesehatan (prokes).

“Saya berpesan agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dalan perjalanan maupun saat di lokasi vaksinansi,” pesannya.

Selama perjalanan pulang pergi (PP) mereka didampingi oleh beberapa pendamping dari IKA Unair Sidoarjo dan Yayasan Indonesia Sehat. Termasuk pula ketika mereka menjalani proses registrasi, suntik vaksin, observasi, hingga balik ke tempat asal. Selain itu, para peserta vaksinasi ini juga mendapatkan bingkisan. Dari 40 peserta ini semuanya tidak ada yang ditolak vaksinasi.

Sementara itu, Ketua Yayasan Bersama Indonesia Sehat, Teguh Prihandoko menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan gerakan kepedulian terhadap warga lansia di seluruh Jawa Timur agar mau divaksinasi.

“Ini bentuk kepedulian kami (Yayasan Bersama Indonesia Sehat) terhadap warga lansia. Karena mereka butuh pendamping dan kita bantu dari penjemputan sampai diantar kembali ke rumah,” ungkap mantan Dirut RPH Pemkot Surabaya ini.

Selain itu, Teguh juga mengucapkan terima kasih kepada Cak Rio dan panitia lainnya di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN yang telah membantu memfasilitasi rombongan lansia ini menjadi lebih baik.

“Tak lupa saya apresiasi atas bantuan dari kawan-kawan panitia Sentra Vaksinasi Bersama BUMN. Berkat mereka lansia – lansia di Jatim bisa divaksin Covid-19,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dari data Yayasan Bersama Indonesia Sehat (BERSIH), peserta sebanyak 60 orang lansia. Sebanyak 40 orang lansia Sidoarjo, dikoordinasikan oleh IKAUA SDA, 5 orang lansia dari komunitas Bali, dikoordinasikan ketua Banjar Surabaya, 9 orang dari Batu Malang, yang dikoordinasikan oleh Hotel Purnama dan 20 orang perorangan. [tok/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar