Pendidikan & Kesehatan

Puluhan Guru MI di Jombang Ikuti Pelatihan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Jombang (beritajatim.com) – Sebanyak 45 guru MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang ada di Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang mengikuti pelatihan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pelatihan dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka ini digelar selama tiga hari, mulai Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Surabaya bersama Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) dan bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Maarif NU Kecamatan Diwek Jombang. Sedangkan tempatnya berada di aula MI Salafiyah Bandung 2 Kecamatan Diwek.

“Kecamatan Diwek memiliki jumlah MI paling banyak di Kabupaten Jombang. Yakni 34 MI. Dari jumlah tersebut, 45 guru MI mengikuti pelatihan ini. Ini sebagai bentuk andil kami dalam menyukseskan program pemerintah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka,” kata Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kecamatan Diwek Adi Purnomo, Sabtu (15/10/2022).

Adi menjelaskan, seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusius. Apalagi, pelatih selama tiga hari itu menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidangnya. Yakni dari KPI (Kualita Pendidikan Indonesia). Masing-masing Eko Erina Desilawati S.Si, kemudian Rimba Maharani S.Pd.

“Besar harapan kami pelatihan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Karena kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas guru MI yang ada di Kecamatan Diwek. Semoga para guru ini mampu mengembangkan potensi madrasah di masa yang akan datang,” pungkas Adi.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah sebuah pendekatan pembelajaran melalui projek dengan sasaran utama mencapai dimensi profil pelajar Pancasila. Peserta didik akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya.

Dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, maka satuan pendidikan perlu mengalokasikan waktu agar guru bisa bekerja secara kolaboratif. Nah, kolaborasi akan menjadi kunci sukses/tidaknya sebuah projek. Dalam pelaksanaan projek, guru-guru berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan, memfasilitasi, dan menjalankan asesmen. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar