Pendidikan & Kesehatan

Sembuh dari Covid-19

Puluhan Anggota Polres Tuban Ikuti Screening Donor Plasma

Sejumlah Anggota Polres Tuban Penyitas Covid-19 saat menjalani proses pemeriksaan kesiapan Donor Plasma.

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan anggota dari jajaran Polres Tuban yang telah dinyatakan sembuh setelah terpapar Covid-19 siap untuk secara sukarela melakukan donor Plasma Konvalesen guna membatu kesembuhan bagi para pasien positif Covid-19 yang membutuhkan, Senin (1/2/2021).

Namun, untuk bisa mendonorkan Plasma Konvalesen itu puluhan anggota Polres Tuban harus menjalani proses screening kelayakan donor plasma yang berlangsung di Gedung Sanika Satyawada Polres Tuban. Saat ini untuk permintaaan plasma penyitas Covid-19 di Tuban terbilang sangat tinggi dan tidak mudah untuk mendapatkannya.

Data yang dihimpun beritajatim.com, untuk anggota Polres Tuban serta anggota dari Polsek jajaran yang ada di Tuban itu sudah banyak yang pernah terpapar virus mematikan itu dan berhasil sembuh. Sedikitnya ada 28 anggota yang ikut proses screening kelayakan donor plasma sebelum menjani donor.

Sejumlah Anggota Polres Tuban Penyitas Covid-19 saat menjalani proses pemeriksaan kesiapan Donor Plasma.

 

“Cukup sulit mencari donor plasma konvalesen. Donor plasma ini tidak semudah seperti donor darah karena harus melalui screening terlebih dahulu. Tadi ada sebanyak 28 anggota yang merupakan penyintas Covid-19 secara sukarela mengikuti screening donor plasma,” terang AKPB Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban yang langsung memantau kegiatan itu.

Kapolres Tuban berharap, dengan dilaksanakan proses sreening itu bisa digunakan untuk membantu mereka para penderita Covid-19 yang sedang dalam perawatan di rumah sakit. Sehingga para penderita virus Covid-19 itu bisa sembuh dan kondisinya kembali membaik.

“Kita berharap nantinya ketika sudah di dapatkan plasma supaya diprioritaskan untuk anggota polri yang terkonfirmasi positif Covid-19 termasuk purna Polri” sambungnya.

Adapun untuk proses screening itu sendiri meliputi beberapa tahapan, seperti halnya mulai pemeriksaan tensi, pengambilan sample darah serta pemeriksaan riwayat penyakit. Setelah lolos tahapan screening selanjutnya para penyintas akan diambil plasmanya untuk diberikan kepada pasien yang terinfeksi Covid-19 untuk mencegah perburukan kesehatan.

“Untuk yang hadir disini tidak serta merta bisa mendonorkan Plasmanya, karena harus mengikuti screening terlebih dahulu. Setelah lolos nanti juga akan di tes melalui laborat, setelah benar-benar memenuhi syarat baru bisa diambil plasmanya,” terang dr. Tita salah satu petugas dari PMI kabupaten Tuban.

Sementara itu, dari sebanyak 28 orang penyintas dari anggota Polres Tuban yang mengikuti screening itu terdapat 7 orang anggota yang sample darahnya akan dikirim ke laboratorium untuk memastikan bahwa yang bersangkutan layak mengikuti proses pengambilan plasma. Sedangkan yang lainnya masih ditangguhkan karena beberapa alasan salah satunya yang bersangkutan masih mengkonsumsi obat.[mut/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar