Pendidikan & Kesehatan

Pulang Umroh, Warga Lumajang Positif Covid-19

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengumumkan secara resmi salah satu warganya, inisial AS (55) seorang laki-laki asal Kecamatan Kedungjajang positif Covid-19 di lobi pemkab, Jumat (27/3/2020).

Hasil ini didapat dari hasil tes Swap Puslitbang Kemenkes Jakarta. “Satu orang Lumajang positif Covid,” ujar Cak Thoriq didampingi Forkopimda.

Menurut dia, AS adalah seorang jama’ah umroh yang ikut Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Travel lokal Lumajang. Pasien tiba umroh pada 10 Maret dan masuk rumah sakit pada 20 Maret lalu. “Awalnya ODP menjadi PDP dan hasil Swap positif Covid,” ungkapnya.

Pasien AS berada di ruang isolasi khusus sesuai standar Nasional petunjuk Dinkes Jatim. Kondisi badan sehat dan terjaga.

Langkah Pemkab Lumajang akan melakukan pencarian warga kontak terdekat dan erat. Sehingga bisa memantau kondisi siapa saja yang berinteraksi. “Kami berkoordinasi dengan Polri dan TNI dalam pengawasan wilayah warga positif covid,” paparnya.

Ada 5 pasien PDP dengan 1 positif covid yang terisolasi dan 3 pasien ODP yakni para medis yang memiliki keluhan batuk. Mereka dipisahkan ruangan untuk memantau kondisi masing-masing pasien. (har/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar