Pendidikan & Kesehatan

Pulampu, Lampu Hias Inovatif Karya Dosen UMS

Surabaya (beritajatim.com) – Radius Setiyawan, M A dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) dikenal sebagai dosen inovatif di kampusnya. Pasalnya, ia menciptakan sebuah lampu hias dari limbah mebel yang bernilai guna dan berdaya saing.

Lampu hias inovatif tersebut ia beri nama Pulampu berbentuk karakter karakter lucu yang diceritakan berasal dari planet lain. Terinspirasi dari tema science fiction, setidaknya Pulampu memiliki 8 karakter menarik.

Mendekati natal, karakter Pulampu pun seakan ikut merayakannya. Mengikuti pameran di Grand City dalam tajuk ‘Festival Ekonomi Milenial’ yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim, karakter Pulampu hadir dengan ornamen natal, seperti Q-one menggunakan pita kupu kupu, Tuto menggunakan bandana pohon natal dan Okla menggunakan topi santa.

“Pulampu juga merupakan lampu hias dari kayu jadi ini produk yang berasal dari limbah sisa produksi mebel dan beberapa usaha kayu yang berasal dari berbagai macam desa yang itu berusaha kita gunakan jadi produk yang punya nilai guna yang ada di sini salah satunya adalah lampu natal,” ujar Radius.

Mulai berkarya dengan Pulampu sejak tahun 2018, Radius kali ini fokus pada tema ScienFict. Ia ingin lampu buatannya tidak hanya sekedar hiasan, tetapi juga memiliki cerita tersendiri untuk itulah ke delapan karyanya diberi nama dan karakter yang saling berkaitan. Sehingga kedepannya ia berharap bisa membuat semacam film pendek dengan karakter lampu buatannya.

“ada kesesuaian hasil dan karakter sesuaian cerita dalam setiap karakter atau setiap tokoh dalam produk ini punya cerita dan punya karakter masing-masing,” pungkas Owner Pulampu ini. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar