Pendidikan & Kesehatan

PT Smelting-Kagama Jatim Bagikan 1500 Tabung Oksigen Gratis

Surabaya (beritajatim.com) – Sampai dengan hari ini, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Jatim dan PT Smelting telah berhasil membagikan 1500 tabung besar oksigen gratis. Penerimanya sejumlah rumah sakit di Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Malang, Kediri dan Pasuruan.

“Alhamdulillah, kami sudah bisa membagikan 1500 dari 3 ribu tabung besar bantuan oksigen gratis. Distribusi bantuan masih akan kami teruskan minggu ini,” kata Trisnaini Andrya Ningsing, Koordinator Bantuan Oksigen Kagama Jatim.

Bantuan oksigen medis ini merupakan hasil kerjasama PT Smelting dengan Kagama Jatim. Juga didukung PT Petrokimia Gresik dan PT Samator untuk pendistribusiannya. Selain bantuan oksigen gratis, Kagama Jatim juga membantu peti jenazah untuk RSU dr Soetomo dan Pemkot Surabaya.

Direktur Komersial dan Bisnis PT Smelting, Irjunawan P Radjamin menjelaskan, bantuan oksigen medis ini merupakan bagian komitmen CSR (Corporate Social Responsibility). Selain bekerjasama dengan Kagama Jatim, oksigen dari PT Smelting yang diproduksi PT Linde ini juga diperbantukan ke Kemenkes RI melalui Kementerian Perindustrian dan Pemprov Jatim.

Menurut dia, sejak PPKM Darurat bulan lalu, PT Smelting telah mengurangi kapasitas produksinya untuk membantu pengadaan oksigen medis bagi penanganan Covid-19. “Kami sangat senang bisa mensupport Kagama Jatim yang membagikan oksigen gratis bagi rumah sakit yang sangat membutuhkan,” kata Wawan, panggilan akrab Irjunawan P Radjamin.

Trisnaini menambahkan, Kagama Jatim telah mendapatkan bantuan oksigen cair 25 ton dari PT Smelting. Oksigen cair itu dimasukkan ke terminal pengisian gas PT Samator di Gresik. Sejumlah rumah sakit yang sudah mendapat rekomendasi dari PERSI Jatim bisa mengisi botol gas secara gratis di terminal tersebut.

“Sampai hari ini, rumah sakit yang telah menerima bantuan oksigen gratis berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Batu dan Kediri. Masing-masing bervariasi jumlah bantuannya sesuai ketersediaan tabung mereka,” tuturnya.

Ia menyebutkan, sejumlah rumah sakit penerima bantuan PT Smelting dan Kagama Jatim ini umumnya sangat membutuhkan pasokan oksigen untuk menangani pasien Covid. “Kami sudah terima 75 tabung gas oksigen. Terima kasih Kagama Jatim. Ini benar-benar sangat membantu,” kata Dra Sri Purwanti, Apt, Kepala Instalasi Farmasi RSUD M Saleh Probolinggo.

RS Baptis Kediri juga mengemukakan hal yang sama. “Semula kami tidak terdaftar dalam penerima bantuan. Tapi mendengar RS Baptis Batu dapat bantuan, kami akhirnya mengajukan dan mendapat jatah juga. Kagama Jatim betul-betul migunani,” tambah dr Grace Lamboan, Direktur RS Baptis Kediri.

Ketua Kagama Jatim, Arif Afandi mengaku terharu dengan antusiasme para donatur dari anggota Kagama Jatim dalam Program Donasi Kemanusian Penanganan Covid-19 ini. “Terima kasih juga kepada PT Smelting dan Petrokimia Gresik yang menyisihkan CSR-nya untuk mendukung program ini,” kata mantan Wakil Walikota Surabaya ini.

Ia juga mengapresiasi para panitia Donasi Kemanusiaan yang terdiri dari Pengurus Kagama Jatim dan relawan Kagama Muda. “Mereka telah bekerja siang malam untuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. Ini bukti bahwa Kagama Jatim betul-betul migunani,” pungkasnya. (tok/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar