Pendidikan & Kesehatan

PSRS di Surabaya Galang Donasi Bantuan untuk Korban Bencana di Sulbar dan Kalsel 

Surabaya (beritajatim.com) – Perkumpulan Saudara Rantau Sumatera Utara (PSRS) di Surabaya dan sekitarnya, menggalang donasi bantuan untuk korban bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

“PSRS merupakan kumpulan perantau yang anggotanya bukan dari Sumatera Utara saja, tapi juga dari Aceh, Kepulauan Riau, Jambi dan Sumatera Selatan,” kata Kolonel (Marinir) Frans Simanjorang SH, Wakil Ketua Umum PSRS dan Ketua Panitia kegiatan donasi bantuan korban bencana, Sabtu (24/1/2021).

Frans menyebutkan, kegiatan bhakti sosial ini tujuannya murni kemanusiaan. “Untuk membantu saudara saudara kita korban gempa dan banjir yang sedang kesusahan,” lanjutnya.

Donasi bantuan untuk korban bencana banjir dan gempa bumi ini, diberikan dalam bentuk beras, mie instan, dan ikan dalam kaleng yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pangan para korban. Mereka saat ini juga sudah berada di area pengungsian yang tentunya kebutuhan pokok makanan menjadi kebutuhan utama.

Penyerahan bantuan dilakukan tim dari PSRS di markas  Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya. Donasi bantuan diterima langsung Kolonel Laut (P) Dwi Yoga P MTr Hanla MM, Asisten Potensi Maritim Lantamal V.

Disela penerimaan, Dwi Yoga menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota PSRS, dan mengucapkan banyak terima kasih. “Bantuan ini akan sangat bermanfaat, karena hingga saat ini masih banyak pengungsi yang berada di atas gunung dan sulit dijangkau,” ungkapnya.

Hal itu dikarenakan keterbatasan transportasi, dimana daerah itu termasuk daerah terpencil. “Saat ini mereka sedang dalam kesusahan, kelaparan dan menunggu bantuan,” tambah Dwi Yoga.

Dalam kesempatan yang sama, Eddy Widjanarko, Ketua Umum PSRS menambahkan, setiap tahun PSRS selalu lakukan aksi sosial. “Sebelum ini kami ada kegiatan bantuan sembako, baju dan keperluan lain untuk pengungsi meletusnya Gunung Sinabung,” kata Eddy.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pada tahun 2017, Gunung Sinabung meletus dan terjadi dengan tinggi kolom 4.200 meter disertai dengan luncuran awan panas guguran sejauh 4.500 meter ke arah Tenggara-Timur gunung.

“Selanjutnya juga ada bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami Sulawesi di tahun 2018. Dan tahun 2020 lalu adakan kegiatan bersama berupa donor darah,” jelas Eddy.

Kegiatan yang berbasis sosial dan kemanusiaan, sudah sering dilakukan PSRS sejak terbentuk. Dan pihaknya selalu bekerjasama dengan Lantamal V. Penyerahan bantuan di ikuti beberapa pengurus PSRS, diantaranya Kolonel Charles Sinaga, Kolonel Luxemburg Sihombing, Tjin Lie, Nagang Sembiring dan Budianto Ciawi.

Kolonel Charles Sinaga, menambahkan, PSRS setiap tahun lakukan kegiatan Bhakti sosial sebagai rasa peduli dan tanggung jawab kemanusiaan yang diharapkan langkah ini dapat di ikuti masyarakat Jawa Timur.

“Bersama sama membantu bencana yang terjadi dengan kemampuan yang ada,” ujar Charles.

Sementara Luxemburg Sihombing, juga mengajak masyarakat Jawa Timur untuk peduli sesama saudara di tanah air.

“Apalagi di berita, hanya 18 hari di awal tahun 2021 telah ada bencana alam di 154 lokasi di Indonesia,” kata Luxemburg.

Diakhir acara, donasi bantuan dari PSRS ini akan dikirimkan  melalui KRI Banda Aceh (BAC) 593 yg akan tiba di Surabaya hari Senin (25/1/2021).

“Karena rute dari KRI BAC 594 ini sudah dalam perjalanan dari Jakarta, kemudian mampir ke Surabaya, selanjutnya langsung ke Banjarmasin untuk menyerahkan bantuan ke korban banjir Kalsel dan lanjut ke Mamuju untuk menyalurkan bantuan korban gempa,” tandas Dwi Yoga.[rea/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar