Pendidikan & Kesehatan

PSBB Surabaya Raya Diperpanjang Sampai Lebaran

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengumumkan, untuk memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo dan Gresik) untuk 14 hari ke depan. Perpanjangan ini dimulai dari tanggal 12 sampai 25 Mei (H+1 Lebaran).

Pengumuman di depan media di Gedung Negara Grahadi Surabaya itu juga dihadiri Sekkota Surabaya Hendro Gunawan, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Saifuddin.

“Saat ini, ada Forkopimda Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Dalam rapat yang sudah dilakukan dengan melihat telaah infeksi ini terus bergerak. Memang untuk 14 hari masa PSBB setelah dilakukan telaah secara epidemiologi ini tidak cukup. Untuk bisa menjamin berhentinya penyebaran Covid-19, melalui telaah pakar epidemiologi kemudian evaluasi pelaksanaan PSBB, maka tadi semua sama-sama kita menyetujui bahwa akan memperpanjang masa PSBB di Suurabaya, Sidoarjo dan Gresik. Perpanjangan ini dimulai dari tanggal 12-25 Mei (H+1 Lebaran),” kata Gubernur Khofifah kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (9/5/2020).

Apa ada yang berbeda dengan PSBB tahap pertama? “Pertama, ada beberapa hal yang kita harus lebih masif, tadi ada evaluasi soal pengawasan di check point. Ada bagaimana menjaga physical distncing, baik di perusahaan ataupun di pasar. Kemudian, bagaimana penindakan ini akan lebih nampak pada PSBB tahap kedua. Misalnya yang sempat dibahas adalah akan ada penindakan berupa sanksi bagi mereka yang melakukan pelanggaran PSBB itu bisa diberlakukan tidak boleh perpanjangan SIM hingga 6 bulan. Untuk mengurus SKCK selama 6 bulan tidak diperkenankan. Itu jadi salah satu dalam kesepakatan kita dalam memaksimalkan PSBB ini supaya bisa maksimal,” jelasnya.

“Selain itu, kuncinya tetap pada kepatuhan dan kedisiplinan secara konsisten protokol kesehatan dan lain-lain. Ini jadi kunci utama untuk mencegah menyebarnya Covid-19,” pungkasnya. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar