Pendidikan & Kesehatan

PS Teknik Pertambangan Unej Terfokus pada Wawasan Lingkungan

Dekan FT Unej Entin Hidayah

Jember (beritajatim.com) – Program Studi Teknik Pertambangan yang tengah dirintis di Fakultas Teknik Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan terfokus pada pengelolaan pasca tambang, dan bagaimana mengelola tambang yang berwawasan lingkungan.

Hal ini dikemukakan Dekan Fakultas Teknik Entin Hidayah, sebagaimana siaran pers yang dilansir Humas dan Protokoler Universitas Jember. Pemilihan fokus pada tahap pengelolaan pasca tambang didasari visi dan misi Universitas Jember yang memberikan perhatian penuh terhadap masalah lingkungan. Salah satu keunggulan kampus ini adalah bidang pertanian, perkebunan, dan bioteknologi.

Entin menjelaskan, ada tiga tahapan proses pertambangan. Pertama, tahap eksplorasi, saat ahli tambang mencari dan menemukan daerah yang mengandung mineral tertentu. “Kemudian tahap eksploitasi atau tahap penambangan, dan tahap rehabilitasi atau tahap pengelolaan pasca tambang,” katanya.

Semua perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Teknik Pertambangan di Indonesia lebih berkonsentrasi pada tahap eksplorasi dan eksploitasi tambang. Unej memilih tahap pengelolaan pasca tambang karena jumlah lulusannya minim. “Tidak bisa dipungkiri ada tambang yang dikelola tanpa memikirkan dampaknya bagi kelestarian alam. Bahkan setelah habis ditambang, terbengkalai begitu saja hingga membahayakan keselamatan jiwa,” kata Entin.

Pembukaan Program Studi Teknik Pertambangan dan Program Studi Teknik Perminyakan mendapat lampu hijau, setelah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menerbitkan surat izin pada November 2018 lalu. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar