Pendidikan & Kesehatan

Proyek Mahasiswa Tanggap Covid-19 FK Unair Dikonversi Jadi Intrakurikuler

Surabaya (beritajatim.com) – Mengambil bagian dalam penanggulangan Covid-19 , Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) membuat Gerakan Tanggap Covid-19 Mahasiswa FK Unair. Gerakan ini pun dirangkum dalam paparan seminar website atau webminar Sabtu (20/6/2020).

Prof Dr dr David S Perdanakusuma Sp BP-RE (K) selaku penanggung jawab gerakan tersebut menyebutkan bahwa FK Unair membuar program gerakan langsung yang bisa dikolerasikan dengan pembelajaran.

“Setiap mahasiswa FK mengetahui dan dibekali pengetahuan tentang Covid-19 dengan menggunakan modul. pasca pembekalan ada activity masuk ke masyarakat. Dipacu projek kecil dengan 1600 mahasiswa FK Unair,” terang Dr David.

Kegiatan itu bisa dilakukan menggunakan sarana yang dimiliki masing masing mahasiswa bisa melalui aplikasi whatapp, youtube, instagram, poster, spanduk dan sebagainya. Kegiatan ini pun bisa berupa sosialisasi, bimbingan, edukasi maupun pendampingan kepada masyarakat terkait Covid-19.

“Program ini gantikan program kuliah yang tidak bisa jalan sepeti KKN dan kolektif,” tukasnya.

Selain diikuti oleh 1600 mahasiswa FK Unair juga diikuti oleh ribuan mahasiswa Unair dari prodi lain. Kegiatan ini pun dilakukan di kota masing masing mahasiswa saat menjalani studi from home yang berperan sebagai edukator dan fasilitator seperti; Kalakrisis, Duta Covid FK di Komunitas, Gercep Jonegoro, Muda Bontang, Jalan Manfaat, GLIA,

Program atau proyek mahasiswa tersebut meliputi, pemberian masker, pemberian edukasi, pemberian APD untuk tenaga kesehatan, pemberian bantuan makanan ke masyarakat kecil, pemberian sembako, pemberian vitamin dan susu dan melakukan riset dan sebagainya.

Dekan FK Unair Prof Soetojo Wirjopranoto, pun terus mendukung kegiatan dari mahasiswa FK Unair dengan implementasi merdeka belajar di masa pandemi Covid-19.

“Bersama FK Unair bisa, untuk semua mahasiwa, PPDS dan Dokter terus berjuang di garda terdepan, selain itu yang tak kalah penting adalah gerakan di Komunitas yang bertujuan agar menjaga masayarakat yang sehat agar jangan sampai sakit dan memberikan edukasi agar bisa menjaga diri dari penyakit ini. Untuk itu FK membuat gerakan Tanggap Covid Mahasiswa FK Unair,” pungkas Prof Soetojo. [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar