Pendidikan & Kesehatan

Program KOL dan EXEL Mahasiswa EBIS Sasar 47 Titik Berbeda

Pamekasan (beritajatim.com) – Program Kuliah Observasi Lapangan (KOL) dan Experiential Learning (EXEL) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, disebar di 47 titik berbeda di berbagai provinsi di Indonesia.

Program yang dikhususkan bagi mahasiswa semester VI Progam Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY) dan Perbankan Syariah (PSY) tersebut, digelar berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana saat ini digelar bersamaan dengan momentum Ramadan 1442 Hijriyah.

“Untuk pelaksanaan program KOL dan EXEL Angkatan Kelima ini, disebar di 47 titik berbeda. Meliputi perusahaan swasta, BUMN, BUMD, Sektor Periwisata, Perbankan, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, Koperasi dan lainnya,” kata Panitia Pelaksana, Aang Kunaifi, Selasa (20/4/2021).

Namun para peserta yang terdiri dari sebanyak 142 orang, tetap antusias melaksanakan program praktik laparangan sekalipun proses pelaksanaan diterapkan dengan model daring dan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan menerapkan langkah serupa.

“Tidak kalah penting kami selalu bersyukur, mahasiswa khususnya para peserta KOL dan EXEL tetap antusias melaksanakan kegiatan ini, sekalipun diterapkan dengan model daring. Terlebih bersamaan dengan momentum Ramadan 1442 Hijriyah,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, progam yang merupakan bagian dari kurikulum wajib diikuti mahasiswa semester VI Prodi ESY dan PSY. Sengaja disebar di beberapa titik berbeda disesuaikan dengan domisili masing-masing mahasiswa. “Perlu kami sampaikan bahwa mahasiswa kami berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Sumatera, Jabodetabek, Kalimantan, Pulau Jawa, termasuk Madura,” jelasnya.

“Karena itu, kami berinisiatif melaksanakan program ini secara mandiri dan menyesuaikan dengan titik domisili mahasiswa. Sehingga lokasi observasi benar-benar merata di beberapa provinsi di Indonesia, sesuai dengan domisili mahasiswa,” pungkasnya. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar