Pendidikan & Kesehatan

Profesor dari Belanda Bagikan Ilmu di FK Unair

Surabaya (beritajatim.com) – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) hari ini mengadakan kuliah tamu sekaligus inagurasi Adjuct Professor dr. Maarten J. Posts, Ph.D dari University Medical Center Groningen Belanda, di Aula FK Unair, Jumat (22/2/2019).

Kuliah tamu tersebut diisi oleh seminar yang bertajuk Global Health Economics of Vaccines. Dihadiri oleh banyak ahli dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Sains dan Teknologi.

Prof. Maarteen akan berkolaborasi dengan Departemen Farmakologi di FK. Materi kuliah tamu yang di paparkan hari ini, adalah tentang riset dalam farmako ekonomi yakni mempelajari suatu obat berapa biaya yang dikeluarkan dan bagaimana hasil yang didapat.

Dalam pemaparannya, obat haruslah memiliki nilai yang efektif, yang artinya selain digunakan untuk tujuan pengobatan tapi juga bisa meningkatkan Quality of Lifes (QoLs). Pada dasarnya obat obatan itu ketika dikonsumsi tidak hanya menyembuhkan tapi bagiamana pasien juga bisa tetap produktif.

Dr. Arifah Mustika, M.Si mengatakan bahwa riset terkait farmako ekonomi adalah keahlian Prof. Maarteen sehingga diharapkan ilmu tersebut dapat diterapkan lebih masif di Unair.

“Riset milik Prof. Maarteen itu terindeks urutan ke 44 dunia, ini adalah prestasi yang luar biasa. Inilah yang kita butuhkan kolaborasi dan ilmu untuk bisa mencapai prestasi yang sama bagusnya kedepannya,” ujar Arifah.

Selain itu Dekan Prof, Soetojo bahwa dijadikan Prof. Maarteen sebagai Adjuct Professor di Departemen Farmakologi adalah hal yang sangat mungkin dilakukan karena FK Unair adalah bentukan Belanda.

“Sejak kita berdiri pada tahun 1913 kita punya nama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) itu pertama kalinya kita kerjasama dengan Belanda berarti kita kerjasama ini sudah sejak dulu. Tapi Adjuct Professor dari Groningen itu pertama kalinya, walaupun sudah kesekian kalinya kalau dari Belanda,” ujar Prof. Tojo. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar