Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Prof James T Collins Isi Webinar Internasional Universitas Flores

Surabaya (beritajatim.com) – Prof. James T. Colins tampil sebagai narasumber dalam Webinar Internasional yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Flores, Ende, Sabtu (23/10/2021).

James T. Collins adalah ilmuwan bahasa (linguis) kaliber tingkat dunia kelahiran Amerika Serikat yang banyak melakukan penelitian tentang bahasa-bahasa daerah (bahasa lokal) di Indonesia, khususnya di daerah Maluku dan Kalimantan, dan di Semenanjung Malaysia dan Serawak.

Collins adalah profesor bahasa Indonesia pada beberapa universitas bergengsi, antara lain Universitas Texas, Universitas Leiden, Universitas Goethe Frankfurt, dan Universitas Kebangsaan Malaysia. Perhatiannya sangat kuat pada bahasa-bahasa Melayu-Polinesia dan bahasa-bahasa Austronesia.

Pada Webinar Internasional ini James T. Collins mengulas tema Webinar yang disodorkan panitia, yakni “Budaya Literasi Meningkatkan Karakter untuk Mercerdaskan Anak Bangsa”. Dipaparkan tentang revitalisasi bahasa dan literasi, upaya mengembalikan bahasa daerah yang terancam punah melalui literasi.

Di samping Collins, tampil pula narasumber yang lain, yakni Robert Masreng dari Universitas Cendrawasih, Jayapura, Veronika Genua dari Universitas Flores, dan Irma Arifah dari STKIP PGRI Trenggalek, Jawa Timur.
Robert Masreng mengupas bagaimana menavigasi referensi untuk membangkitkan budaya literasi berkarakter. Sedangkan pemateri ke-3, Irma Arifah memaparkan tentang karakter dan kecerdasan ditumbuhkan melalui budaya literasi.

Di penghujung acara, narasumber terakhir, Veronika Genua mengupas tentang strategi pelestarian budaya dengan berliterasi.

Antusiasme para peserta dari kalangan mahasiswa, guru, dosen, dan pegiat literasi se-Indonesia, ditandai dengan banyaknya pertanyaan di sesi diskusi. Bahkan, para peserta masih bersemangat tetap berada di ruang virtual zoom meeting hingga webinar diakhiri oleh moderator Falentinus Bata, Dosen PBSI Uniflor.

Sebelum Webinar, dilaksanakan pelantikan Pengurus APBL Cabang Ende, Flores untuk periode 2021-2025. APBL adalah Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal. Ketua APBL Cabang Ende yang terpilih dan dilantik hari ini adalah Veronika Genua. Genua didampingi belasan pengurus APBL yang lain. Yang melantik pengurus baru adalah Ketua Umum APBL, Prof. Made Budiarsa.

Dengan dilantiknya Pengurus APBL Cabang Ende hari ini, maka sudah tiga organisasi profesi yang berpusat di Program Studi PBSI Uniflor. Sebelumnya sudah ada Hiski Komisariat Flores dengan Ketua Hawiah Djumadin, ATL Komisariat Flores dengan Ketua Maria M Bali Larasati. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar