Pendidikan & Kesehatan

Prodi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi Siap Terapkan Kurikulum MBKM

Banyuwangi (beritajatim.com) – Prodi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi secara maraton mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan dalam implementasi program Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sejak ditetapkan memperoleh hibah dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam kegiatan ini Prodi Pendidikan Biologi telah merancang sejumlah target ke depan.

“Antara lain, menyusun dokumen kurikulum MBKM, menyusun model dan dokumen kerjasama dengan mitra kegiatan MBKM, menyusun prosedur operasional baku bagi berbagai pihak yang terlibat dalam implementasi MBKM Prodi, dan menyusun pedoman implementasi kurikulum MBKM,” jelas Kaprodi Biologi, Untag Banyuwangi, Candra Hermawan, Selasa (8/12/2020).

Candra menjelaskan, saat ini Prodi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi melakukan kejar target beberapa dokumen penunjang MBKM. Semua dokumen harus terselesaikan paling lambat 10 Desember mendatang.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras semua tim pengembang kurikulm MBKM Prodi yang merupakan dosen Prodi serta ditunjang pejabat struktural fakultas, saat ini semua aspek penunjang kegiatan MBKM Prodi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi dapat terselesaikan, baik dari aspek dokumen maupun mitra kerjasama. Sehingga Prodi kami sudah siap mengimplementasikan program MBAM,”

“Banyak dokumen yang telah kita susun, selain itu kita juga telah memiliki beberapa mitra kerjasama yang dapat dijadikan tempat berkegiatan untuk implementasi program MBKM,” jelasnya.

Saat ini Prodi Pendidikan Biologi telah memiliki beberapa mitra yang mampu mewadahi kegiatan program MBKM. Kegiatan yang akan dilakukan antara lain pertukatan pelajar, asistensi mengajar di sekolah, proyek di desa, dan kegiatan wirausaha.

Sementara itu, mitra penunjang beberapa kegiatan tersebut antara lain, Prodi Penddikan Biologi Universitas Jember, Dinas Pendidikan Banyuwangi, dan Dewan Pendidikan Banyuwangi. Termasuk meliputi sejumlah desa, di antaranya Desa Jajag, Desa Setail, Desa Pendarungan, Desa Sumberberas dan Desa Sidodadi.

Ada pula beberapa sekolah yang menjadi mitra, di antaranya SMAN 1 Glagah, SMAN 2 Taruna Bhayangkara, SMAN 1 Srono, SMAN 1 Banyuwangi, SMAK Hikmah Mandala. Termasuk dari pelaku pariwisata yaitu Pokdarwis Bangsring Underwater, maupun dari pelaku UMKM dari CV. Kelorwangi Berkah Melimpah.

“Kami sudah berusaha mengerahkan segenap tenaga dan pikiran, semoga kerja keras tim dalam mengembangkan kurikulum MBKM mampu memberikan manfaat bagi semua pihak,” tutup Kaprodi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi.

Program Studi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi merupakan salah satu dari 3 Prodi yang lolos hibah Menerpakan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah diluncurkan oleh Kemendikbud. Dua Prodi yang lain adalah Pendidikan bahasa Inggris dan Pedidikan Sejarah. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar