Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Prodi KPI Unhasy Tebuireng Jombang Jalin Kerjasama dengan RRI Madiun

Jombang (beritajatim.com) – Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Unhasy (Universitas Hasyim Asyari) Tebuireng Jombang menjalin kerjasama dengan RRI Madiun. Hal itu ditandai dengan kunjungan perwakilan dari RRI Madiun ke kampus tersebut, Selasa (22/3/2022).

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama oleh kedua belah pihak. “Selama di kampus mahasiswa hanya mempelajari teori-teori tentang penyiaran dan komunikasi. Tapi setelah melakukan praktik di luar kampus di beberapa lokasi kegiatan yang relevan, mereka pulang dengan banyak membawa pengalaman-pengalaman yang bisa dikembangkan,” kata Wakil Rektor II Unshasy HM Muhsin Ks.

Rombongan RRI Madiun terdiri dari Agus Sukoyo (Kepala RRI Madiun), Kepala Humas Sutomo, Kepala Seksi Layanan Pengembangan Usaha (LPU) Djuwanto, Kepala Siaran Ahli Muda Suhardi, Kepala Pemberitaan Imam Suyanto dan Eko Susilo.

Sedangkan dari Unhasy dihadiri oleh Wakil Rektor I H. Ahmad Faruq, Wakil Rektor II HM. Muhsin Ks, Dekan FAI Jasminto, Kaprodi KPI Moh. Slamet, dan beberapa dosen tetap serta mahasiswa KPI. “Kami ucapkan terimakasih kepada RRI Madiun. Sebab, mahasiswa KPI banyak mendapatkan manfaat setelah melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di media, salah satunya RRI Madiun,” lanjutnya.

Hal senada diungkapkan Dekan FAI Jasminto. Dia menyampaikan tentang pentingnya kegiatan PPL yang dilakukan mahasiswa di instansi di luar kampus sebagaimana RRI Madiun. Menurutnya, ada dua hal yang perlu ditekankan dalam kegiatan PPL Mahasiswa.

“Yang pertama adalah hard skill, yakni bagaimana mereka menguasai lapangan. Kedua adalah soft skil. Yakni tentang bagaimana belajar disiplin, tepat waktu, kemudian bagaimana mencontoh bapak-bapak dan ibu-ibu di sana ( tempat PPL) yang itu kemudian bisa di implementasikan di masa depan,” ungkap Jasminto.

Untuk merealisasikan kebutuhan mahasiswa KPI tersebut, maka dituangkan dalam Surat Perjanjian Kerjasama selama masa waktu dua tahun. Hal itu mendapat sambutan yang sangat hangat dari Kepala RRI Madiun Agus Sukoyo.

Menurut Agus, RRI Madiun selalu menerima mahasiswa (KPI Unhasy) yang ingin melakukan PPL atau penelitian khususnya di penyiaran. “Mungkin suatu saat bisa bekerja sama dalam pendidikan. Semisal KPI mengadakan diklat khusus untuk calon-calon penyiar dan reporter bisa bekerjasama dengan kami. karena memang tempatnya dan kerjanya di bidang tersebut. Bahkan, jika mahaiswa KPI ada yang sudah berkualitas, bisa bergabung bukan sekedar magang tetapi menjadi kontributor di RRI Madiun,” tutur Agus Sukoyo.

Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dilakukan oleh Kepala Prodi KPI Unhasy dan Kepala RRI Madiun disaksikan oleh pejabat RRI Madiun dan juga pimpinan dari Unhasybeserta mahasiswa KPI. Usai penandatanganan, rombongan RRI Madiun berkunjung ke makam Hadratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari di Komplek Pesantren Tebuireng.

Sekadar diketahui, penandatanganan SPK tersebut merupakan rangkaian kegiatan PPL yang menjadi program Mederka Belajar Kampus Merdeka di Unhasy. Sebelumnya, sejumlah mahasiswa KPI telah melakukan PPL ke beberapa media massa pada 5 Januari hingga 5 Maret 2022. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar