Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Prestasi Ekstrakulikuler Pencak Silat SMAN 1 Puri Muncul di Tengah Pandemi

Atlet pencak silat SMA Negeri 1 Puri, Irgy Yusufi Daryawan.

Mojokerto (Beritajatim.com) – Di tengah pandemi Covid-19, SMA Negeri 1 Puri meraih banyak prestasi, mulai dari Olimpiade Sains Kabupaten (OSK), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) hingga SMA Award. Salah satu ektrakurikuler dari 32 ekstrakurikuler yang baru saja meraih prestasi adalah pencak silat.

Yakni Irgy Yusufi Daryawan. Pelajar berusia 17 tahun ini baru saja mendapatkan Juara 1 SMA Kristen One Cup yang digelar SMAK Penabur Jakarta secara daring. Di tahun yang sama, putra pertama pasangan Ronny Hermawan (44) dan Eni Ningasih (46) ini, meraih Juara 1 Virtual TGR Jakarta Utara.

Di tahun 2020, Irgy yang bercita-cita sebagai atlet pencak silat nasional ini Juara 1 Pencak Silat Tunggal Putra SMA Awards dan tahun 2019 di Solo meriah Juara 1 Kejurnas Pelajar Perisai Diri. Padahal, di SMA Negeri 1 Puri sendiri ektrakurikuler dengan Ekstra Castle Pencak Silat baru ada di tahun 2021.

“Sebelum pandemi pernah mengikuti kejuaraan pelajar tingkat nasional, Perisai Diri di Solo. Alhamdulillah dapat Juara 2, kedua SMA Awards tingkat Jawa Timur dapat Juara 1 juga dan terakhir ini ikut kejuaraan di SMAK Penabur Jakarta alhamdulillah dapat Juara 1 juga,” ungkapnya, Rabu (13/10/2021).

Irgy menjelaskan, ia bergabung dengan Ekstra Castle Pencak Silat karena bisa menambah pengalaman, teman dan prestasi. Menurutnya, olahraga pencak silat tersebut ditekuni sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kelas 5 dan bakat tersebut diturunkan langsung dari sang ayah, Ronny Hermawan (44).

“Iya dari kecil suka pencak silat, mulai aktif kelas 5 SD tapi ikut kejuaraan sejak duduk di bangku SMA. Iya, bapak pelatih pencak silat, kalau ibu bakatnya di tari. Mungkin dari keduanya bakat yang sama miliki ini, karena gerakan pencak silat juga sekilas mirip tarian juga,” ujarnya.

Sementara itu, pelatih Ekstra Castle Pencak Silat, Mokh Agus Salim mengatakan, ekstrakurikuler pencak silat di SMA Negeri 1 Puri mulai ada tahun 2021 ini. “Namanya Ekstra Castle Pencak Silat karena yang bergabung di sini, dari sejumlah perguruan pencak silat,” ujarnya.

Sejumlah siswa bergabung di Ekstra Castle Pencak Silat dan terlihat sudah memiliki bakat lantaran sebelumnya masuk di SMA Negeri 1 Puri dari jalur prestasi yakni olahraga. Diakuinya ekstrakurikuler pencak silat di SMA Negeri 1 Puri baru ada 10 siswa yang bergabung.

“Karena pencak silat adalah laga yang cukup keras sehingga peminatnya sedikit, biasanya mereka yang sudah punya bakat dan dipoles di sini. Ada 10 anggota, mulai dari kelas 1 sampai kelas 3. Untuk latihan, setiap hari Kamis mulai pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB,” lanjutnya.

Masih kata guru mata pelajaran Matematika ini, Irgy memang memiliki bakat dari kecil, semangat tinggi dan orang tua adalah pelatih pencak silat. Selain Irgy, ada beberapa anggota Ekstra Castle Pencak Silat yang turut menyumbang prestasi untuk SMA Negeri 1 Puri.

Yakni Nadya Fitrah Budiarti (17) yang berhasil meraih Juara 3 Serang Hindar Sirkuit Pandaan 2021, Ayu Nurilah Isnaini (17) meraih Juara 2 Kejurnas Perisai Diri Solo 2019, Yonathan Niko Wisata (16) meraih Juara 2 Seleksi Jurkab Lamongan 2021 TSPM, Muhamad Ferdian (17) meraih
Juara 1 IPSI Cup Kota Mojokerto 2021 dan Lyntang Sotya (16). [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar