Pendidikan & Kesehatan

Pramuka SMAN 1 Jember Belajar SAR

Jember (beritajatim.com) – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memperkenalkan kegiatan pencarian dan pertolongan kepada 50 siswa SMA Negeri 1 Jember, di sekolah itu, Jumat (22/11/2019).

Mereka tak hanya diperkenalkan Pada sejarah berdirinya Basarnas, namun juga tugas pokok dan fungsinya. Anggota tim Basarnas berbagi pengalaman tugas operasi.

“Dalam pelaksanaan operasi SAR, ada peran penting dari instansi atau organisasi berpotensi SAR yang selalu mendukung Basarnas demi terlaksananya misi dengan baik. Dukungan ini tidak hanya berupa para personel yang terlatih, namun juga berupa dukungan peralatan SAR,” kata Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso.

Para anggota Pramuka SMAN 1 Jember berkesempatan mempraktikkan teknik pertolongan medis pertama pada korban bencana. Mereka juga melakukan evakusi darurat agar korban dapat tertangani dengan baik.

“Tim rescuer Pos SAR Jember berharap sosialisasi ini bisa menggugah kesadaran mereka bahwa Basarnas ada di tengah masyarakat dan siap memberikan bantuan,” terang Asnawi. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar