Pendidikan & Kesehatan

PPKM Skala Mikro, RT Zona Hijau dan Kuning di Ponorogo Bertambah

Plh. Bupati Agus Pramono(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Penerapan PPKM skala mikro di bumi reyog rupaya membuahkan hasil. Itu terlihat dari perkembangan harian kasus Covid-19 di Ponorogo.

Data terbaru dari tim satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo, mencatat, angka kesembuhan lebih banyak dari angka penambahan kasus konfirmasi baru.

“Alhamdulillah, ada 29 pasien yang  dinyatakan sembuh dan telah menyelesaikan masa isolasi,” kata Plh. Bupati Agus Pramono, Minggu (21/2/2021).

Sementara untuk angka kasus konfirmasi baru, kata Agus hanya ada 12 kasus. Tambahan kasus konfirmasi baru itu terdiri dari 6 orang merupakan kasus kontak erat pasien sebelumnya. Kemudian ada 5 orang merupakan pasien suspek dengan gejala ringan hingga berat yang mengarah pada Covid-19. Dan satu sisanya merupakan orang yang melakukan rapid antigen dengan hasil positif, setelah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan PCR, hasilnya positif juga.

“Tambahan kasus baru ini tersebar di 4 kecamatan, yakni kecamatan kota (7), Babadan (1), Siman (3) dan Jenangan (1).

Dari tambahan angka penambahan kesembuhan dan kasus konfirmasi baru itu, kini total kasus Covid-19 di Ponorogo mencapai 2.582 kasus. Sebanyak 2.122 pasien sudah dinyatakan sembuh. Pasien yang meninggal ada 141 pasien dan pasien yang saat ini menjalani isolasi ada 319 orang.

Agus menambahkan kalau seluruh tingkatan Rukun Tetangga (RT) di Ponorogo, mulai tidak ada yang status zona orange. Dia mengeklaim bahwa sebaran zona hijau dan kuning bertambah.

“Kalau pun ada ditingkatan RT yang berstatus zona orange, nanti forum komunikasi  pimpinan  daerah (Forkompimda) akan bahu membahu untuk mengatasi hal tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, Agus menyebut jika setiap desa dan kelurahan saat ini sudah berdiri posko penanganan Covid-19. Sehingga, pihaknya tinggal  memberi kesadaran pada masyarakat agar PPKM skala mikro ini, bisa dilaksanakan dengan baik.

“PPKM skala mikro ini, konsentrasi melakukan pengawasan masing-masing RT sesuai zona yang sudah ditentukan. Saat ini, jumlah zona hijau dan kuning di ponorogo mencapai 6  ribuan lebih,” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar