Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

PPKM Darurat, Stok Darah PMI Magetan Menipis

Salah seorang warga melakukan donor di UDD PMI Magetan Jumat (23/7/2021)(foto : Aditya Chandra for beritajatim.com)

Magetan (beritajatim.com) – Stok darah yang ada di PMI Magetan terpantau menipis. Khususnya untuk golongan darah B, O dan AB. Sampai pukul 10.00 Jumat (23/7/2021), hanya ada masing-masing empat dan satu kantong. Untuk golongan darah A tepantau aman masih ada 23 kantong. Jumlah itu tentu tidak aman untuk minggu ini. Pihak PMI banyak mengingatkan para pendonor yang rutin sudah waktunya berdonor untuk segera datang ke PMI.

“Setiap dua bulan sekali kan ada yang rutin donor, nah itu kami ingatkan untuk menambah stok darah,” ungkap Lawuning Nastiti, Humas UDD PMI Magetan, Jumat (23/2021).

Menurut dia, menipisnya jumlah stok darah dikarenakan minimnya pendonor yang datang akibat Covid-19. Selain itu jumlah permintaan dari beberapa rumah sakit cukup banyak. Sehingga, stok darah mulai berkurang. “Jumlah pendonor mulai menipis sejak PPKM Darurat. Kami tak bisa jemput bola karena banyak acara donor yang dibatalkan untuk antisipasi kerumunan. Rata-rata tujuh orang yang datang kini tinggal tiga orang,” katanya.

Pendonor juga harus mengikuti beberapa protokol. Sebelum cek kesehatan mereka harus mengisi kuesioner. Sehingga bisa diketahui apakah mereka sempat kontak dengan penderita Covid-19, berasal dari kawasan yang rawan terinfeksi. “Jadi, pemeriksaan untuk pendonor juga kami ketati, tapi mayoritas yang datang sehat semua,” terangnya.

Pun, tiap hari kebutuhan darah untuk memenjuhi permintaan dari beberapa fasilitas layanan kesehatan sebanyak 15 hingga 20 kantong darah. Namun, belakangan turut menurun hingga tujuh kantong saja. “Khususnya dari rumah sakit di Magetan dan Ngawi. Bukan cuma rumah sakit umum, tapi termasuk RS khusus yang ada di Magetan,” katanya. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar