Pendidikan & Kesehatan

PPDB SMPN 34 Gresik ‘Diserbu’ Siswa

Gresik (beritajatim.com) – Keberadaan sekolah baru SMPN 34 Gresik yang berlokasi di Perum Permata Suci (PPS) ‘diserbu’ siswa yang ikut penerimaan peserta didik baru (PPDB). Berdasarkan panitia PPDB setempat sudah ada puluhan siswa mendaftar di SMP baru itu.

Tahun pertama SMPN 34 dibuka akan menerima sebanyak 4 rombongan belajar (ronbel) yakni sejumlah 128 siswa. Jumlah itu terbagi dalam empat jalur meliputi zonasi, prestasi, afirmasi, dan perpindahan.

Tercatat sudah ada 18 siswa mendaftar di jalur zonasi. Mayoritas siswa yang berjarak kurang dari 1 kilometer dari rumahnya. Kemudian untuk jalur prestasi tercatat ada 12 siswa memilih SMPN 34 menjadi pilihan pertama dan 22 siswa memilih pilihan kedua serta 27 siswa memilih pilihan terakhir.

Keberadaan SMPN 34 tersebut, diyakini akan memenuhi pagu. Hal ini karena jumlah lulusan SD mencapai 21 ribu siswa. Sedangkan daya tampung SMP negeri hanya 7 ribu.

Kabid Pendidikan Dasar Nur Dispendik Gresik Maslichah menuturkan, sejauh ini pihaknya belum membuat strategi terkait SMPN 34. Yang jelas, pihaknya yakin karena kebutuhan sekolah negeri sangat terbatas.

“Kami jamin kualitasnya meski sekolah baru. Karena guru guru yang mengajar juga sudah mumpuni,” tuturnya, Jumat (4/06/2021).

Selain SMPN 34 Gresik, di hari ke-empat kemarin persaingan terlihat ketat di SMPN 1 Gresik. Di jalur prestasi yang masih ramai dengan 162 siswa memilih SMP di jalan Jaksa Agung Suprapto Gresik itu, pada pilihan pertama, kemudian disusul SMPN 3 Gresik yang ada 115 siswa memilih pilihan pertama dan 118 siswa memilih pilihan kedua di SMPN 3.

“Persaingan ketat SMPN 1 dan 3 memang paling banyak dimintai untuk jalur prestasi. Selain kedua sekolah di wilayah kota itu, ada pula SMPN 2 Kebomas dan SMPN 1 Manyar yang cukup banyak dipilih untuk jalur itu,” tandasnya.

Seperti diketahui, PPDB jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan sudah dibuka mulai 31 Mei hingga 9 Juni 2021. Kemudian siswa yang lolos akan diumumkan pada 11 Juni. Untuk jalur zonasi dengan porsi 50 persen dari total pagu. Pendaftarannya akan dimulai pada 31 Mei hingga 17 Juni. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar